Pelepasan Wisudawan Sarjana dan Pascasarjana Fasilkom UI

wisuda

Hari yang dinanti-nantikan akhirnya datang juga, tidak hanya untuk para wisudawan/ wisudawati tetapi juga para staf pengajar, staf pendukung, dan mahasiswa Fasilkom UI lainnya. Selama kurang lebih 1 bulan, panitia pelepasan wisudawan Fasilkom UI telah melakukan persiapan untuk acara istimewa ini. Tepatnya pada hari Kamis (27/08) pukul 13.00 WIB, acara Pelepasan Wisudawan Fasilkom UI dilangsungkan di Auditorium PSJ UI Depok. Meskipun acara ini diselenggarakan setelah kegiatan Wisuda UI di Balairung dan diadakan bertepatan di masa bulan puasa, namun semangat para wisudawan beserta orangtua tidaklah luntur untuk tetap menghadiri acara ini.

Acara Pelepasan Wisudawan/ Wisudawati Fasilkom UI tahun ini bernuansa etnik Bali. Nuansa ini tercipta dari hiasan dan tampilan umbul-umbul Bali di pintu depan Auditorium PSJ, kain khas Bali yang dibentangkan di dalam ruangan, dekorasi payung bali, hingga pakaian Panitia yang seluruhnya mengenakan baju Bali. Acara ini menjadi semakin lengkap dengan penampilan dari dosen dan para mahasiswa yang mempersembahkan berbagai alunan lagu dan musik. Diantaranya persembahan Lagu “The Prayer’ oleh Bpk. Ruli Manurung (Dosen Fasilkom) bersama Ronny, Tieta dan Tika (Mahasiswa Fasilkom), lagu “Bunda” oleh Penny Hutabarat, diiringi Pianis - Bpk. Yugo Isal (Dosen Fasilkom) dan Saxophonist - Asthari Khaniasti (Mahasiswa Baru 2009), persembahan Acapella “Don’t Stop Believein” oleh Grup Musik Asciipela Fasilkom, serta lantunan lagu “Kemesraan” dari mahasiswa angkatan 2008 dan lagu “Indonesia Jaya” yang menggema penuh semangat dari mahasiswa angkatan 2009 Fasilkom UI.

Suasana Pelepasan Wisudawan Fasilkom berlangsung begitu akrab dan penuh guratan senyuman dari wajah orangtua , wisudawan, hingga para Dosen dan tamu yang hadir. Sambutan Wakil Wisudawan yang dibawakan oleh Agung Firmansyah, S.Kom dan Dr. Agus Buono di awal acara menjadi ungkapan terima kasih yang menyejukkan hati, yang ditujukan kepada segenap jajaran Fasilkom, baik dosen, karyawan, pegawai kantin hingga janitor. “Terimakasih kepada Bapak-bapak Janitor Fasilkom yang selalu membantu kami. Dengan pertolongan dan ketulusan mereka membantu, kegiatan perkuliahan kami sehari-hari dapat berjalan dengan lancar”. “Terimakasih untuk bapak/ ibu kantin yang setia menyiapkan makanan 4 sehat 5 sempurna untuk mahasiswa setiap hari”. “Terimakasih kepada Bapak/ Ibu Dosen yang akan kami rindukan, dan masa-masa kuliah penuh deadline, suasana belajar di kelas yang akan kami rindukan” kata Agung Firmansyah dalam sambutannya.

Wisudawan Fasilkom yang telah menyelesaikan studinya di Semester Genap 2009 ini adalah masing-masing sebanyak 64 orang (baik Program Sarjana maupun Program Magister) dan 4 orang Program Doktor. Diantaranya 16 orang Cum Laude dari Program Sarjana, 8 orang Cum Laude dari Program Magister dan 4 orang Cum Laude program Doktor. Dekan Fasilkom, Prof. T. Bassarudin dalam sambutannya, mengatakan bahwa wisuda tahun ini begitu istimewa karena jumlah seluruh lulusannya hingga jumlah Cum-Laude seluruhnya adalah 2ⁿ . “Kebetulan yang menarik bila dilihat dalam perhitungan matematika. This is really a computer world” kata Pak Dekan dengan disambut senyum dan tawa hadirin. Melalui sambutannya, Prof T. Bassarudin juga memberikan motivasi dan semangat kepada para wisudawan serta mengungkapkan rasa bangganya kepada wisudawan yang telah berjuang menyelesaikan studinya. Lebih daripada itu, beliau mengajak wisudawan untuk tetap menjalin tali silaturahmi dan hubungan yang erat dengan Fasilkom UI meskipun mereka sudah menjadi alumni.

PT. Accenture Indonesia, selaku stakeholder Fasilkom UI, turut terlibat dalam acara Pelepasan Wisudawan ini. Dengan diwakili oleh Ibu Neneng Goenadi, Sales Director PT. Accenture Indonesia, beliau menyampaikan Graduation Speech-nya. Ibu Neneng Goenadi berbagi cerita tentang pengalaman dan karirnya, juga bagaimana ia memulai awal kariernya 20 tahun lalu setelah menyelesaikan studi di bangku kuliah. Kata-kata Ibu Neneng yang begitu indah, penuh pesan-pesan motivasi menjadi pemicu semangat bagi wisudawan. “Kita harus merasakan jatuh untuk bisa bertumbuh” beliau mengatakan. Ibu Neneng menambahkan bahwa hari wisuda ini bukanlah akhir perjuangan dari para wisudawan, justru menjadi awal untuk menetapkan suatu langkah baru. Beliau juga menjelaskan bahwa dunia pekerjaan bukanlah hal yang mudah seperti yang kita bayangkan, namun kita dapat terus bertumbuh dan berkembang apabila kita mau belajar dan tidak takut gagal atau jatuh. “Bukan hanya kecerdasan intelektual yang menjadi jaminan seseorang mendapatkan pekerjaan. Tapi lebih dari itu perusahaan mencari orang-orang yang memiliki kecerdasan komunikasi dan terutama kecerdasan attitude yaitu pribadi yang punya integrity dan sikap yang pro-aktiv“ kata Ibu Neneng. Graduation Speech dari PT. Accenture Indonesia yang diwakili Ibu Neneng Goenadi ini disambut dengan senyuman dan tepukan meriah dari hadirin.

Selain wisudawan, para mahasiswa berprestasi Fasilkom juga turut menerima penghargaan dan piagam. Kegembiraan dan keceriaan acara Pelepasan Wisudawan Fasilkom ini pun ditutup dengan buka puasa bersama, dengan diselingi suguhan musik dari dosen dan para mahasiswa. Selamat bagi para wisudawan! Tetaplah membawa nama baik almamater kita tercinta ini!