Fasilkom Gelar Compest 2009

On Sunday, July 05 th, 2009

b1_fasikom-gelar-compfest-2009_1Di bulan-bulan pertama pada tahun 2009 ini, BEM FASILKOM UI telah melancarkan dua program kerjanya yaitu Computer Festival (Compfest) 2009 dari bidang Profesi dan Keilmuan (P&K) dan Computer Get Together (CGT) 2009 dari bidang Olahraga, Kreasi, dan Seni (ORKRES). Compfest 2009 yang merupakan program kerja yang bersifat eksternal ini diselenggarakan pada tanggal 7 Februari 2009 (acara puncak) berbarengan dengan perayaan Dies Natalis ke-15 Fakultas Ilmu Komputer (FASILKOM) UI. Sedangkan Computer Get Together (CGT) 2009 yang bersifat sebagai program kerja internal diselenggarakan satu bulan setelah Compfest 2009 yaitu pada tanggal 14 Maret 2009.

Compfest 2009 terdiri dari beberapa rangkaian acara, yaitu: Workshop I (Teacher e-Learning Training), Kompetisi Pembuatan Software Edukasi (EduCompWare), Talkshow Indonesia Goes e-Learning, Talkshow Broadband Internet for Education, acara hiburan dan kreativitas, bazaar buku, dan pameran produk ICT dan Komunitas IT (Bazaar).

b1_fasikom-gelar-compfest-2009_2Workshop

Workshop Teacher e-Learning Training yang bertema “Pelatihan e-Learning Guru”merupakan pre-event Compfest 2009. Workshop ini bertujuan untuk memberi pelatihan terhadap guru-guru dari beberapa SMA di sekitar UI agar mereka bisa memajukan sistem pembelajaran on-line (e-Learning).

Competition & Talskhow

Kompetisi pembuatan software edukasi (EduCompWare) juga diadakan, dengan mengangkat tema “Solve the toughest problem at your school”.

Melalui kompetisi ini diharapkan siswa dapat membuat software yang dapat mempermudah sekolahnya dalam sistem pembelajaran e-Learning, administrasi sekolah, dan kegiatan persekolahan lainnya. Selain itu, terdapat satu kompetisi lagi yang menuntun keahlian dalam bidang desain, yaitu EduPoster.

Sementara itu, di acara puncak tanggal 7 Februari 2009, Talkshow Indonesia Goes E-Learning pun diselenggarakan. Panitia mengundang nara sumber yaitu Romi Satria Wahono (pendiri ilmukomputer.com) dan Harry B. Santoso (pemenang Acer e-Learning Competition sekaligus dosen Fasilkom yang ikut mengembangkan SCeLE). Talkshow ini membahas mengenai e-Learning dan manfaatnya, Learning/Course Management System, cara membuat konten e-Learning yang menarik, e-Book (buku elektronik), serta cara memanfaatkan e-Learning dan mengimplementasikannya di kampus/sekolah.Pengunjung begitu antusias mengikuti Talkshow Indonesia Goes e-Learning. Selain itu, terdapat satu talkshow lagi yang tentunya menambah pengetahuan para pengunjung terhadap perkembangan teknologi yaitu Broadband Internet For Education. Beberapa ahli di bidang IT turut terlibat, diantaranya yaitu Indra Utoyo (Direktur Utama PT Telkom) dan Gunadi Dwi Hantoro (researcher TELKOM R&D Center).

Bazaar buku, pameran produk ICT, dan komunitas di bidang IT pun tak kalah ketinggalan dalam meramaikan Compfest 2009 ini. Komunitas IT yang turut serta antara lain WebNet, EAL, Ristek, Opera Campus Club, Sun, Mac User Indonesia, dan Team Robotics UI. Pada acara puncak, pengunjung juga disuguhkan dengan beragam hiburan seperti dari Liga Tari UI, Mada Bahana (marching band) UI, orkestra Mahadawitra UI, ASCIIPELLA (Paduan Suara Fasilkom UI), band-band alumni, dan yang paling spektakuler adalah penampilan dari grup vokal yang tentu sudah kita kenal yaitu Tangga(*IK).

We usually reply with 24 hours except for weekends. All emails are kept confidential and we do not spam in any ways.

Thank you for contacting us :)

Enter a Name

Enter a valid Email

Message cannot be empty