MAPRES FASILKOM UI 2009 : Ilman dan Bisnis Internet

On Sunday, July 05 th, 2009

b1_ilmanakbarRubrik kali ini memaparkan tentang profil seorang mahasiswa yang terpilih menjadi Mahasiswa Berprestasi 2009. Dia adalah Muhammad Ilman Akbar. Mantan ketua BEM Fasilkom UI periode 2008 ini adalah seorang yang sangat aktif dalam bidang organisasi. Ketika masih duduk di tingkat dua, Ilman sudah menjabat menjadi Ketua Bidang Kajian Aksi dan Strategis BEM Fasilkom, hingga pada tahun 2008 terpilih menjadi Ketua BEM Fasilkom.

Ilman telah mencoba mengikuti kompetisi Mapres sebanyak dua kali yaitu pada tahun 2008 dan tahun 2009. Ilman tertarik untuk mengikuti kompetisi ini dengan alasan untuk mengukur kemampuan diri dan juga terinspirasi oleh Presenter handal, Steve Jobs. Dalam kompetisi Mapres tahun ini, Ilman menyumbangkan ide briliannya tentang bisnis internet. Ilman tertarik mengangkat topik ini karena bisnis memang sesuai dengan impiannya bersama rekan kerjanya di UNIVIND, perusahaan miliknya bersama beberapa rekannya.

Dalam topik bisnis internet yang diangkatnya, Ilman memaparkan tentang latar belakang karya tulisnya. Menurut Ilman, pengangguran masih menjadi masalah utama yang dihadapi bangsa Indonesia, sehingga usaha berbasis internet menjadi ide kreatif untuk mengatasi masalah pengangguran tersebut. Ilman berpendapat, bahwa banyak kesempatan di masa-masa mahasiswa untuk menjadi cemerlang dan bersinar, seperti pertukaran mahasiswa, organisasi, juga berbagai lomba termasuk kompetisi Mahasiswa Berprestasi ini. “Selama menjadi mahasiswa, sebaiknya kita mencoba banyak hal positif, kemudian melanjutkan hal yang menurut kita cocok untuk masa depan kita“ kata Ilman.

Menurutnya, kriteria mahasiswa berprestasi adalah percaya diri, bermanfaat dan inspiratif bagi orang lain, aktif berorganisasi, dan berani membuktikan kemampuan. Ilman juga berbagi sedikit tentang tips bagaimana berbicara di depan umum. Hal yang terpenting ketika sedang berbicara di depan umum adalah enjoy. Sebab ketika kita enjoy, semua pikiran yang ingin diungkapkan dapat keluar dengan sangat baik.

Dalam mempersiapkan presentasi, Ilman membiasakan diri berlatih sebanyak-banyaknya dan juga belajar dari sang ahli. Walaupun Ilman tidak berhasil meraih gelar Mapres di tingkat UI, baginya sudah menjadi suatu kebanggaan bisa mendapatkan kesempatan untuk mengikuti proses pemilihan Mahasiswa Berprestasi ini. Semoga Ilman selalu sukses dari hari ke hari, dan semoga di tahun selanjutnya mahasiswa Fasilkom dapat menyandang gelar Mahasiswa Berprestasi tingkat UI.(*IK)

We usually reply with 24 hours except for weekends. All emails are kept confidential and we do not spam in any ways.

Thank you for contacting us :)

Enter a Name

Enter a valid Email

Message cannot be empty