Dekan Menyapa

On Saturday, April 10 th, 2010

captureAssalamu’alaikum Wr. Wb.,

Keluarga Besar Fasilkom ysh.

Waktu bergulir dengan cepat. Saat ini kita sudah berada di bulan ketiga di tahyn 2010, awal dasawarsa kedua dia abad ini. Pepatah dalam berbagai bahasa menggambarkan “Waktu adalah uang”, “waktu adalah pedang”, dan “Waktu adalah kesempatan”.

Kita awali tahun ini dengan menerima beberapa mahasisawa baru (27 Extension, 60 MTi, 9MIK dan 4 DIK) dan melepaskan 128 wisudawan yang terdiri dari 57 sarjana, 68 magister, dan 3 doktor. Pada upacara pelepasan wisudawan yang diadakan 30 Januari 2010 si Balai Sidang UI, kita menghadirkan Bapak Elisa Lumban Toruan, Executive Vice President for Corporate Stategy & IT Garuda Indonesia, sebagai pembicara dalam ‘graduation speech’.

Pidato Pak Elisa membuat pesan padat makna bukan hanya untuk para wisudawan, namun juga bagi seluruh warga Fasilkom UI secara keseluruhan. Beliau menekankan bahwa niali terpenting dari teknologi informasi bukan pada kemampuan otomasi yang ditawarkannya, namun pada inovasi yang inherent dalam nilai dan pola pikir para profesional di bidang Teknologi Informasi ini. Thinking out of the box is the bloodline of those professionals. Peran IT dalam peningkatan kinerja bisnis suatu enterprise, misalnya, utamanya bukan dalam hal otomasi, tapi justru dalam desain proses bisnis yang lebih optimal.

Sebagai bagain dari upayah Fasilkom untuk senantiasa meningkatkan program akademiknya dan sejalan dengan program Universitas, baru-baru ini Fasilkom menyelenggarakan rapat kinerja kurikulum, untuk menyusun Kurikulum 2010. Sebagai fakultas yang bergelut di bidang teknologi Informasi dan Komunikasi, Fasilkom memang dituntut untuk senantiasa meningkatkan relevansi dan mutu kurikulum yang digunakan. Dalam rapat kerja tersebut semua staf pengajar terlibat dalam diskusi yang intense dalam merumuskan kurikulum baik untuk stream Ilmu Komputer maupun untuk stream Sistem informasi. Rumusan kompetensi lulusan merupakan topik yang selalu menarik untuk dibicarakan dalam setiap pengembangan kurikulum. Namun yang selalu menjadi tantangan yang akan datang, bukan hanya melihat permasalahan dan tantangan yang ada pada saat ini.

Fasilkom berkembang dan akan selalu berkembang. Dua puluh empat tahun sudah sejak angkatan pertana Prosilkom diterima sebagai mahasiswa baru. Tujuh belas tahun sudah Fasilkom berdiri. Dalam rangka perkembangan tersebut, Fasilkom telah memiliki 40 staf pengajar, masih dipandang kurang jika dibandingkan dengan pertumbuhan jumlah mahasiswa yang saat ini secara keseluruhan berjumlah 1258 orang.

We usually reply with 24 hours except for weekends. All emails are kept confidential and we do not spam in any ways.

Thank you for contacting us :)

Enter a Name

Enter a valid Email

Message cannot be empty