IT-GOV

On Wednesday, August 03 rd, 2011

Divisi IT terdapat pada sebagian besar perusahaan-perusahaan, divisi ini bertugas untuk mendukung bisnis dan investasi perusahaan. Tata kelola IT atau IT Governance yang baik akan memberikan investasi yang maksimal. Akan tetapi tidak banyak perusahaan yang dapat mengelola teknologi informasinya dengan baik. IT Governance atau yang lebih sering disebut IT Gov Fasilkom sebagai tim riset tata kelola IT mengadakan Seminar Sistem Informasi: IT Governance Maturity BenchMark dengan tagline “Know Your Position”. Penyelenggaranya adalah para mahasiswa jurusan Sistem Informasi Fasilkom UI.

Acara ini memberikan laporan tentang IT Governance Control Maturity Level pada perusahaan terbuka dan tertutup berdasarkan survei yang telah diadakan sejak bulan April hingga Juni 2010 pada 103 perusahaan. Waktu pelaksanaan yaitu pada hari Rabu, 16 Maret 2011 di Auditorium Binakarna, menara Bidakara, Jakarta Selatan.

Hasil perhitungan yang dilakukan adalah berupa level CMMI (Capability Maturity Model Integration) yang dapat membantu organisasi guna meningkatkan kinerja mereka. Inputnya didapatkan dari survei yang berupa pertanyaan dengan menggunakan mekanisme COBIT (Control Objective for Information and Related Technology). Pada acara ini, dengan investasi sebesar Rp 600.000, peserta seminar akan mendapatkan laporan maturity level sehingga perbandingan posisi suatu perusahaan dengan perusahaan lainnya dapat dipahami dan dipelajari. Sebelumnya peserta juga diwajibkan membawa ID card yang menyatakan bahwa peserta adalah karyawan perusahaan yang bersangkutan. Peserta yang hadir yaitu sejumlah 80 orang dari 36 perusahaan.

Acara dimulai dengan pidato dari Dekan Fasilkom, Prof. T. Basaruddin, lalu dilanjutkan dengan sambutan oleh kementerian BUMN dan penampilan tari oleh Liga Tari UI. Acara berlanjut ke segmen seminar dengan pembicara Surdiyanto Suryodarmojo dari ISACA (Information System Audit and Control Association) sebagai badan audit tata kelola teknologi informasi. Materi yang dibawakan mengenai pengelolaan IT dari sudut pandang auditor.

Seminar ini dilanjutkan dengan pengelolaan IT dari sudut pandang implementator oleh manager IT dari dua perusahaan BUMN yang profesional dalam IT maturity level, yaitu PT Wijaya Karya dan Semen Gresik Group. Setelah break pertama, rangkaian acara dilanjutkan dengan seminar utama mengenai hasil survei pada 103 BUMN yang dibawakan oleh tim riset PUSILKOM UI. Seusai seminar utama, dilanjutkan kembali dengan diskusi panel oleh empat pembicara. Pada sesi ini peserta dapat mengajukan pertanyaan, komentar, saran dan kritik dari seminar-seminar sebelumnya.

Kegiatan diskusi informal, networking dan pengambilan hasil riset dan sertifikat dilakukan setelah penutupan acara.Untuk selanjutnya, besar harapan dari penyelenggara bahwa data-data yang diterima dapat digunakan guna keperluan tesis, penelitian IT Gov bagi mahasiswa, dosen maupun tim riset.

We usually reply with 24 hours except for weekends. All emails are kept confidential and we do not spam in any ways.

Thank you for contacting us :)

Enter a Name

Enter a valid Email

Message cannot be empty