Seminar Nokia Qt Platform dan Ux Training

On Wednesday, August 03 rd, 2011

nokia1Fasilkom UI berkerja sama dengan Nokia Indonesia mengadakan pelatihan untuk Mobile Application Developer. Acara tersebut berlangsung selama tiga hari. Mulai dari Rabu (12/01) hingga Jumat (14/01). Acara ini merupakan intensive training yang menarik danhands-on learning untuk teknologi Nokia Qt platform serta UX (User Experience) untuk mobile applications.

Pelatihan hari pertama membahas secara penuh tentang Symbian platform serta kesempatan bisnis (business opportunity) bagi pengembangan perangkat lunak mobile untuk pasar mobile phone. Dijelaskan tentang perbandingan pasar Symbian, Android, iPhone, dan BlackBerry dimana pasar Symbian walaupun turun (sekarang sekitar 40% persen pangsa pasar sistem operasi smartphone) tetap berpotensi menghasilkan pendapatan bagi developer. Kemudian di hari yang sama, para peserta belajar bagaimana mengembangkan aplikasi untuk platform Symbian dengan menggunakan framework Qt, QtCreator, dan Qt SDK. Aplikasi yang dikembangkan mulai dari pembuatan program “Hello World”, pengenalan Qt Widget seperti Qt Button, Qt View dengan aplikasi pembuatan tampilan yang bisa berubah warna ketika menekan tombol, dll.

Sedangkan, pelatihan hari kedua fokus menekankan pada prinsip-prinsip desain yang baik terutama untuk aplikasi mobile secara umum. Masalah desain yang dibahas seperti masalah segmentasi usia pada pasar (misalnya daya penglihatan yang berbeda antara usia muda dan tua berpengaruh pada keputusan desain), layar, komposisi warna, font dan ukuran tulisan, ukuran tombol (misalnya tombol yang besar lebih cocok untuk aplikasi smartphone berbasis sentuh), layout (dibahas mengenai posisi tombol, area teks, tampilan vertikal, tampilan horizontal), dll.

Pada hari ketiga, para peserta (terutama yang telah membentuk kelompok untuk mengikuti lomba Nokia Qt TapThatApp) diberikan kesempatan untuk berkonsultasi dengan para ahli desain dari NerdAttack. Secara berjadwal, setiap kelompok mendiskusikan permasalahan yang dihadapi terutama bagaimana membuat prototipe desain dari konsep aplikasi yang ingin dibuat atau diwujudkan.

Pelatihan dari Nokia ini cukup menarik karena memberikan kesempatan bagi para mahasiswa Fasilkom UI yang ingin mengenal lebih dalam tentang pengembangan aplikasi mobile khususnya untuk platform Symbian. Selain itu lomba yang diadakan sebagai bagian dari rangkaian acara (Qt TapThatApp) cukup menarik untuk diikuti dengan hadiahnya yang cukup besar seperti insentif sebesar US$ 4.000 dan smartphone Nokia. Dengan mengikuti pelatihan ini, peserta dapat mengetahui seluk beluk dan informasi yang cukup untuk mengikuti lomba. Tidak hanya itu, konten pelatihan juga sangat menarik terutama materi yang disajikan oleh para ahli NerdAttack.

Malaysia mengenai desain aplikasi mobile. Bagi yang pernah mengambil kuliah Sistem Interaksi di Fasilkom pasti pernah mendengar mengenai prinsip-prinsip desain yang dikemukakan oleh para ahli dari NerdAttack, namun hal itu tidak mengurangi nilai materi yang disampaikan karena mereka menekankan praktis-praktis spesifik yang perlu diketahui oleh calon-calon pengembang aplikasi mobile khususnya Smartphone berbasis sentuh.

Mereka juga menyediakan waktu untuk konsultasi dan memberikan masukan yang berarti bagi para peserta mengenai desain dan pembuatan prototipe. Hal yang menarik lainnya bahwa pelatihan ini dapat diakses langsung via live streaming di http://itv.ui.ac.id, sehingga membuka kesempatan bagi teman-teman yang tidak bisa hadir dalam pelatihan ini.

We usually reply with 24 hours except for weekends. All emails are kept confidential and we do not spam in any ways.

Thank you for contacting us :)

Enter a Name

Enter a valid Email

Message cannot be empty