Menilik Knowledge Management System dalam BUMN Indonesia

Menilik Knowledge Management System dalam BUMN Indonesia

On Thursday, September 29 th, 2011

knowlage-mana-680x1024Setiap badan usaha maupun perusahaan tentu memerlukan Knowledge Management System (KMS). Sebuah sistem dimana pengetahuanpengetahuan teknis dan kultural ditransmisikan dari satu generasi ke generasi selanjutnya dalam kesatuan organisasi. Mengingat peran KMS yang krusial, menjadi menarik untuk mengkaji bagaimana penerapannya saat ini pada BUMN di Indonesia.

Pada Seminar Reboan tanggal 27 April 2011 lalu, hadir Sofian Lusa, peneliti yang mempelajari KMS dari BUMN Perusahaan Listrik Negara (PLN). Pada kesempatan tersebut, Sofian, memaparkan dengan rinci penelitian mengenai KMS yang dijalankannya mulai Agustus 2010 silam. Lengkap mulai dari metodologi hingga temuan-temuan lapangannya. Tema Seminar Reboan kali itu disesuaikan dengan gagasan utama penelitian Sofian yang bertajuk “Study of Enterprise Architecture for Knowledge Management System in Stateowned Enterprise”.

Penelitian berparadigma interpretif yang dijalankan Sofian berupaya menguak faktor-faktor sosial dan teknologi yang berkaitan dengan pengembangan KMS dalam arsitektur organisasi. Sofian Lusa menggabungkan dengan apik sejumlah metode analisis sebagai landasan berpikir induktif yang bermuara pada perumusan model atau pemetaan yang komprehensif. Secara singkat Sofian menemukan, KMS pada PLN masih belum dimanfaatkan dengan baik. Maka dari itu, Sofian memformulasikan rekomendasi bagi obyek penelitiannya supaya aplikasi KMS dapat dipergunakan dengan lebih baik lagi.

Sekitar 52 orang mahasiswa yang hadir mendengarkan dengan seksama paparan Sofian. Materi yang disampaikan Sofian hari itu sangat penting bagi mereka,
khususnya untuk penyusunan proposal penelitian nantinya. Mayoritas mahasiswa yang hadir berasal dari jurusan Sistem Informasi.

We usually reply with 24 hours except for weekends. All emails are kept confidential and we do not spam in any ways.

Thank you for contacting us :)

Enter a Name

Enter a valid Email

Message cannot be empty