Seminar Building Entrepreneurial Career

On Monday, May 14 th, 2012

seminar-building-enterpreneurial-career-1024x338Pada Rabu (18/4) Seminar Reboan yang diberi tajuk “Building Entrepreneurial Career” diisi oleh Muhammad Fajrin Rasyid dan Achmad Zaky Syaifuddin. Kedua pembicara kali ini merupakan jajaran direksi dari PT Suitmedia dan Bukalapak. com. Sesuai dengan judulnya, seminar ini mengajak mahasiswa yang hadir siang itu untuk mempertimbangkan berkarier di bidang kewirausahaan.

Seminar siang itu dibuka dengan perkenalan singkat mengenai PT Suitmedia. PT Suitmedia merupakan perusahaan start-up yang bergerak di bidang konsultasi TI dengan spesialisasi di dunia digital, pengembangan aplikasi mobile, dan layanan media sosial. PT Suitmedia memandang diri mereka sebagai “Lab of Heroes”. Di sana, karyawannya dapat berkreasi dengan bebas dan memberikan ruang ide-ide cemerlang untuk berkembang.

Usai perkenalan perusahaan, Fajrin dan Zaky berlanjut memaparkan mengenai berkarier di bidang kewirausahaan. Menurut mereka, ada beberapa alasan yang membuat start-up bisa lebih menguntungkan daripada bekerja di perusahaan besar, yakni kompensasi dan manfaat yang didapat lebih besar, dampak dan kontribusi dari pekerjaan, pembelajaran yang luas, dan kemungkinan karier gemilang di masa depan yang terbuka lebar.

Keduanya menambahkan, ada 4 elemen utama yang perlu dipertimbangkan saat seseorang ingin membangun usaha atau startup. Pertama, gagasan yang diajukan. Akan lebih baik jika gagasan dalam bisnis ini dapat mengatasi masalah yang ada di lingkungan. Kedua, tim. Gagasan yang brilian tanpa dukungan orang-orang yang sevisi akan berakibat pada penurunan kinerja dan mungkin gagalnya bisnis yang dijalankan. Ketiga, modal. Sebagai bisnis, hal ini merupakan hal yang paling penting. Saat ini sudah banyak sumber pendanaan yang bisa membantu start-up seperti dana personal, rekanan, keluarga, bank, dan angel investor.

Terakhir, yang perlu diperhatikan adalah eksekusi gagasan. Akan percuma jika gagasan sudah dirancang sedemikian rupa akan tetapi eksekusinya setengahsetengah sehingga hasil akhirnya tampak mentah dan tidak megah.

Menutup sesi tersebut, Fajrin dan Zaky berpesan, kewirausahaan itu adalah semangat dan pola pikir. Supaya sukses di ranah ini seseorang, selain perlu semangat dan pola pikir yang terbuka, juga perlu keterampilan yang memadai di bidang bisnis yang dijalankan.

Di penghujung sesi, Zaky berpesan, “Be a Permanent Beta. Jadilah orang yang selalu dipenuhi hal-hal baru dan senantiasa terbuka atas hal-hal baru’’.

We usually reply with 24 hours except for weekends. All emails are kept confidential and we do not spam in any ways.

Thank you for contacting us :)

Enter a Name

Enter a valid Email

Message cannot be empty