COMPUTER FESTIVAL 2012 ” Advancing the Atmosphere of Innovation and Education”

COMPUTER FESTIVAL 2012 ” Advancing the Atmosphere of Innovation and Education”

On Friday, November 30 th, 2012

comfest-4Fakultas Ilmu Komputer (FASILKOM) Universitas Indonesia menyelenggarakan Computer Festival 2012 (CompFest2012) pada tanggal 13 dan 14 Oktober 2012 di Perpustakaan Pusat Universitas Indonesia“Crystal of Knowledge”, UI- Depok. Perhelatan yang bertajuk “Advancing the Atmosphere of Innovation and Education (ATOMIC)” merupakan One Stop IT Event yang menggabungkan berbagai kegiatan edukatif mengenai perkembangan di dunia IT (Informasi dan Teknologi), yang dikemas dalam 4 (empat) rangkaian kegiatan yaitu Seminar, Competition, Entertainment dan Expo. Computer Festival 2012 secara resmi akan dibuka pada hari Sabtu, 13 Oktober 2012 pukul 11.00 WIB oleh Prof. T. Basaruddin, Ph.D (Dekan Fasilkom UI), Prof. Dr. I Ketut Surajaya (Sekretaris Universitas) dan Dr. Ir. Ashwin Sasongko (Dirjen Aplikasi Telematika Kementerian Komunikasi & Informatika RI).

Dalam main event Seminar, Compfest 2012 menghadirkan para pembicara handal yang merupakan professional di bidangnya yaitu William Tanuwijaya (Co-Founder & CEO Tokopedia.com), Aria Rajasa (CEO Gantibaju.com), Roby Muhamad (Co-Founder Akonlabs.com), Enda Nasution (Managing Director SalingSilang.com), Onno W. Purbo (IT Expert), Narenda Wicaksono (Developer Experience Lead Nokia), Aditia Dwiperdana (Academy Guild Master – Agate Studio),  Thomas Joseph (Director PT Future Mediatrix), Bimo Purbo (Assistant Director Cloud Computing Services – TelkomSigma), dan Shashidhar Savkur (Managing Director PT Hewlett Packard Indonesia).

Para pembicara membahas berbagai inovasi IT terkini yang disajikan dalam 6 sesi seminar, mencakup topik Sentiment Analysis Technology dalam perkembangan Social Media, Security dan Efficiency pada transaksi E-Commerce dalam bisnis lokal Indonesia, Open Base Transceiver Station sebagai solusi telekomunikasi, Augmented Reality Mobile Games di Indonesia, Gamification dalam Digital Marketing, serta Inovasi Cloud Computing untuk UKM di Indonesia.

Rangkaian Competition yang digelar dalam Compfest 2012 meliputi kompetisi Robotics, Web Development, Mobile Games Developer War (MGDW) 4 Rookie dan kompetisi Programming. Sebagai bentuk apresiasi anak bangsa yang telah menghasilkan karya inovasi di bidang IT, Compfest 2012 juga menghadirkan serangkaian Expo yang diisi oleh 22 stand inovasi IT dan stand hiburan. Tidak hanya itu, suguhanEntertainment dari beberapa musisi dan special performance oleh Endah N Rhesa juga akan turut memeriahkan event Compfest 2012.

Seminar

Salah satu main event pada Compfest 2012 adalah seminar, yang dilaksanakan di Auditorium Perpustakaan Pusat UI di lantai 6 mulai tanggal 13 – 14 Oktober 2012. Acara ini menghadirkan enam topik dengan pembicara-pembicara ternama di bidang IT yaitu:

  • IT Innovation in Security and Efficiency of E-Commerce Transection for Indonesian Local Business, dengan pembicara William Tanuwijaya (Co Fouder & CEO at Tokopedia.com) dan Aria Rajasa (CEO at gantibaju.com & tees.co.id) serta Natali Ardianto (Initiator of Startup Lokal Community) sebagai moderator.

Seminar menjelaskan inovasi-inovasi apa saja yang harus dilakukan oleh para pelaku bisnis lokal di Indonesia dalam menyikap keamanan dan efisiensi transaksi e-commerce dalam pelaksanaan bisnis sehari-hari.

  • Innovation of Sentiment Analysis Technology in Developing Social Media, dengan pembicara William Tanuwijaya(Scientist at Faculty of Psychology UI, Co-founder at Akonlabs.com) dan Enda Nasution (Managing Director at SalingSilang.com) serta Ruli Manurung (Lecturer at Faculty of Computer Science UI) sebagai moderator.

Seminar menjelaskan perkembangan dan inovasi-inovasi yang terjadi di kehidupan social media akibat adanya teknologi sentiment analysis yang mampu mengukur psikologi suatu kejadian secara kolektivitas.

  • Innovation of Open Base Transceiver Station as Telecommunication Solution, dengan pembicara Onno W. Purbo (IT Expert) dan Mutiara Aisyah (Consultant for Web Administration at World Bank) sebagai moderator.

Seminar menjelaskan inovasi dari Open BTS sebagai solusi dalam memecahkan masalah jaringan telekomunikasi di Indonesia.

  • Innovation of Augmented Reality Mobile Games in Indonesia, dengan pembicara Narenda Wicaksono (Developer Experience Lead at Nokia) dan Aditia Dwiperdana (Academy Guild Master at Agate Studio) serta Putra Setia Utama(Founder & Writer at TeknoJurnal) sebagai moderator.

Seminar menjelaskan inovasi dari augmented reality serta penerapannya di era perkembangan mobile game saat ini. Juga menjelaskan bisnis model apa saja yang mampu diterapkan dalam mendukung teknologi augmented reality.

  • Innovation of Gamification as a Part of Digital Marketing, dengan pembicara Thomas Joseph (Director at PT Future Mediatrix) dan Akhmad Rahadian Hutomo (Technical Account Manager at Microsoft) sebagai moderator.

Seminar menjelaskan perkembangan dan inovasi-inovasi gamification di Indonesia serta penerapannya dalam dunia digital marketing.

  • Innovation of Cloud Computing for Supporting Indonesian UKM, dengan pembicara Bimo Purbo (Solution Development Group Head at TelkomSigma) dan Shashidhar Savkur (Managing Director at PT Hewlett-Packard Indonesia) serta Alex Budiyanto (Coordinator at CloudIndonesiA) sebagai moderator.

Seminar menjelaskan inovasi dari cloud computing sebagai solusi dalam membantu perkembangan UKM di Indonesia. Seminar ini juga menjelaskan teknik-teknik komputerisasi apa saja yang harus dibutuhkan oleh pelaku UKM dalam membantu pelaksanaan bisnisnya.

Entertainment

Compfest 2012 dimeriahkan oleh sejumlah musisi hebat yang tampil dalam suguhan entertainmetCompfest di Mini Stage Perpustakaan Pusat UI. Puncak acara sekaligus menjadi penutup Compfest 2012 adalah dengan menghadirkan special performance dari Endah & Rhesa.

Selain itu, di sepanjang acara compfest 2012 juga menghadirkan penampilan seperti Blotymama, Neverland Indo, Vocal Group UI, Musik Bengkel Fakultas Teknik UI, Sunday Night dan masih banyak lagi. Acara ini juga mengadakan kompetisi yang meliputi Robotics, Web Development, Mobile Games Developer war (WGDW) 4 Rookie dan Programming.

Roadshow

Roadshow adalah salah satu event dalam Compfest 2012. Tema yang diusung pada acara Roadshow ini adalah “Edukasi dan Inovasi TI Masa Kini di Kalangan Anak Muda (Umum dan Siswa-siswi SMA)”. Tujuan utama dari acara ini adalah untuk membantu menumbuhkan dan mempersiapkan siswa-siswi melalui pendidikan TI sehingga mereka mampu untuk melakukan inovasi dalam bidang TI.

Roadshow Compfest 2012 diadakan saat pre-event di SMA-SMA di Jabodetabek. Roadshow dibagi menjadi dua rangkaian acara besar yakni Workshop dan Talkshow yang dihadiri oleh pembicara-pembicara yang ahli di bidang TI, yaitu:

  1. SMAN 1 Depok (11 Mei 2012), dengan topik Talkshow mengenai “Young and Smart Enterpreneur” dan “Social Media: Do’s and Don’ts” oleh Aria Rajasa (Gantibaju.com) serta Workshop Robotika.\
  2. SMAN 1 Bogor (25 Juli 2012), dengan topik Talkshow mengenai “Young and Smart Enterpreneur” dan “Social Media: Do’s and Don’ts” oleh Arifin Putra (CEO Lingkar Mera Production), Titis Sapto Raharjo (CEO Flick Magazine) dan Verdi Solaiman, serta Workshop Robotika.
  3. SMAN 61 Jakarta (21 September 2012), dengan topik Talkshow mengenai “Young and Smart Enterpreneur” dan “Social Media: Do’s and Don’ts” oleh Natali Ardianto dan Nuniek Tirta serta Workshop Robotika.

Expo

Dalam sajian Expo/pameran, Compfest 2012 menghadirkan 22 stand diantaranya adalah dari komunitas-komunitas yang ada di Indonesia yaitu Alus Mobile, AR&Co, BAJAJ, Chocoarts, Cloud Indonesia, Dinus Open Source Community, Ristek, Showtime Indonesia, Tim Robotika UI, MIC, Mozilla, dan sebagianya serta sejumlah pameran dari Game Design Competition.

Keunikan yang disajikan oleh komunitas-komunitas tersebut sudah tidak dapat diragukan lagi. Beberapa diantaranya berhasil mencuri perhatian peserta yang hadir dalam acara Compfest 2012. Salah satunya dari Tim Robotika UI melalui robot nyentriknya yang dapat menarikan tari Tor-tor. Secara spontan para hadirin memperhatikan robot nyentrik tersebut, tari Tor-tor yang merupakan salah satu tarian tradisional dari Sumatera Utara tersebut disajikan dalam bentuk yang berbeda. Sebelumnya robot dibuat ala penari-penari pada umumnya, lalu dengan lincah robot menari seolah-olah dia adalah penari profesional.

Pemenang Competition COMPFEST 2012

1.         Programming Competition tingkat SMA

a.      Juara 1 —  Nathan Azaria , SMA N 2 Purwokerto

b.      Juara 2 –  Jonathan Irvin Gunawan, SMAK 1 BPK Penabur Bandung

c.       Juara 3 –  Cakra Wishnu Wardhana, SMA N 8 Yogyakarta

2.        Programming Competition tingkat Mahasiswa

a.      Juara 1 — Tim < 3, Universitas Indonesia

b.      Juara 2 — Tim Pandawa, Binus University

c.       Juara 3 — Tim IsengBangetParah, Institut Teknologi Bandung

3.        Web Development Competition

a.      Juara 1 — Tim McFury, Binus University

b.      Juara 2 — Tim IGI_Moklet, SMK Telkom Sandhy Putra Malang

c.       Juara 3 — Tim ara[i], Universitas Negeri Malang

d.      Juara Favorit — Tim IGI_Moklet, SMK Telkom Sandhy Putra

e.      Most Inspiring Team –  Tim IGI_Moklet, SMK Telkom Sandhy Putra Malang

4.       Robotics Competition

a.      Juara 1 — Tim SOMBRERO, Darul Hikam International

b.      Juara 2 –  Tim WHIRLPOOL, SMA Darul Hikam

c.       Juara 3 — RODA 1, Daar el-Qolam

5.        Mobile Games Developer War 4 Rookie

a.      Rookie Game Of The Year — Tim Sakera Math, Universitas Trunojoyo

b.      Most Favorite Winner  – Tim Sundae Cola, Universitas Indonesia

Sumber: www.compfest2012.com

Kontributor: Panitia Compfest 2012

We usually reply with 24 hours except for weekends. All emails are kept confidential and we do not spam in any ways.

Thank you for contacting us :)

Enter a Name

Enter a valid Email

Message cannot be empty