Seminar: Fasilkom UI Kembangkan Prototype SIBI

On Thursday, November 29 th, 2012

Rabu (16/5), Fasilkom UI melaksanakan seminar reboan rutin dengan topik yang sangat menarik yakni Pengenalan Sistem Isyarat Bahasa Indonesia (SIBI) bersama pembicara Ibu Siti Rahayu, S.Pd (Kepala Sekolah SMP/SMA Santi Rama – Jakarta). Bahasa isyarat merupakan bahasa yang digunakan oleh mereka yang juga luar biasa, karena untuk mempelajari bahasa isyarat ini dirasakan cukup sulit dan cukup beragam kosakata yang harus mereka hafalkan. Mulai dari gerakan tangan hingga pada gerakan tubuh dari lawan bicaranya. Bahasa isyarat dibedakan menjadi beberapa lingkup yaitu isyarat pokok, isyarat tambahan, isyarat bentuk dan isyarat abjad jari. Kemudian ada beberapa gerakan sesungguhnya yang disepakati sebagai bahasa isyarat, misalnya makan, mandi, minum dan lainnya. Mereka ini adalah para penyandang cacat (Tunarungu/Tunawicara).

Saat ini tim peneliti sedang membuat solusi dengan mengembangkan alat penerjemah dari SIBI ke bahasa lisan/tulisan. Sistem yang sedang tim peneliti kembangkan masih bersifat satu arah, yakni menerjemahkan dari SIBI ke tulisan dan hanya menerjemahkan per-alfabet. Bekerjasama dengan Microsoft Kinect, tim peneliti melakukan pengenalan gerak-gerak dari bahasa isyarat. Microsoft Kinect diklasifikasi oleh komputer menggunakan algoritma Jaringan Saraf Tiruan (JST), yakni Fuzzy Learning Vector Quantization Particle Swarm Optimation (FLVQ-PSO) dan Fuzzy Neuro Generalized Learning Vector Quantization(FNGLVQ). Tim peneliti akan menggunakan Virtual Reality Modeling Language (VRML) dan Humanoid Animation (H-Anim) untuk membuat animasi berbasiskan teks masukan.

Terdapat tiga tim yang terlibat dalam penelitan ini. Tim pertama dari Fasilkom UI yang merupakan tim gabungan dari dua lab riset dan bertanggung jawab atas berjalannya keseluruhan penelitian. Tim peneliti kedua dari Universitas Nagoya (Jepang) yang memberikan dukungan berupa model 3D, robot, dan perangkat lainnya. Tim ketiga dari sekolah luar biasa khusus tunarungu Santi Rama yang mendukung pengetahuan dan menjadi mitra dalam menguji kebenaran prototype yang dibuat oleh tim peneliti (IP).

We usually reply with 24 hours except for weekends. All emails are kept confidential and we do not spam in any ways.

Thank you for contacting us :)

Enter a Name

Enter a valid Email

Message cannot be empty