Seminar: THINK BIG! Big Data

On Thursday, November 29 th, 2012

big-data-21Rabu (19/9), Fakultas Ilmu Komputer UI menghadirkan kembali kegiatan rutin seminar reboan. Ini merupakan hasil kerjasama antara IBM Indonesia dengan Fasilkom UI. Seminar dilaksanakan di AULA Fasilkom UI pada pukul 13.00 WIB dengan pembicara Andri Rizky A., seorang IBM client Techinical Professional, Information Management Software. Dengan pengalaman dan pengetahuan yang dimiliki, Pak Andri mampu menjelaskan dengan sangat baik kepada peserta seminar, yakni dengan mengusung temaThink Big! Big Data.

Big data merupakan suatu masalah yang dialami oleh semua orang di dunia. Setiap harinya, manusia di dunia dapat dikatakan telah berhasil menambah sebanyak 90% data dalam dua tahun terakhir. Data ini berasal dari mana saja: sensor yang digunakan untuk mendeteksi informasi iklim, posting ke sosial media, digital video dan gambar, transaksi pembelian, ataupun signal GPS dari telepon. Data inilah yang dinamakan dengan Big data. Seperti yang dikatakan oleh Pak Andri dalam seminarnya, “Sebenarnya semua orang di dunia bisnis tau bahwa mereka bisa melakukan apa saja pada Big Data dan Big Data pasti akan memfasilitasi hal tersebut”.

Di dalam pendekatannya Big Data terdiri dari tiga karakteristik yaitu volume, variety dan velocity. Dari ketiga karakteristik tersebut Pak Andri mengungkapkan masalah yang ingin dicoba untuk di-explore adalah masalah kecepatan (velocity), dimana untuk saat ini kecepatan dalam proses data telah mencapai hitungan mili detik. Salah satu contoh search engine yang menggunakan Big Data adalah Google. Google dalam fungsionalitasnya menggunakan yang dinamakan dengan Apache Hadoop. Apache Hadoop merupakanopen source sofwate framework aplikasi yang mendukung pendistribusian data-intensive. Hadoopdigunakan sebagai tempat penyimpanan semua jenis data. Dan inilah yang membantu pengembangan dari proses Big Data. (IP)

We usually reply with 24 hours except for weekends. All emails are kept confidential and we do not spam in any ways.

Thank you for contacting us :)

Enter a Name

Enter a valid Email

Message cannot be empty