Seminar: Pattern Recognition & Computing Intelligence

Seminar: Pattern Recognition & Computing Intelligence

On Thursday, September 26 th, 2013

Seminar-Pattern-Recognition-&-Computing-IntelligenceAnil K. Jain adalah seorang professor terkemuka dari Departemen Computer Science di Michigan State University. Pada tanggal 23 – 25 September 2013, Anil berkesempatan berbagi pengetahuan kepada mahasiswa Fasilkom UI tentang risetnya yang berkaitan dengan pattern recognition, computer vision dan biometric recognition. Topik yang diusung yaituPattern Recognition and Computing Intelligence.

Pada hari pertama seminar, Anil K. Jain mengangkat isu tentang Clustering Big Data. Hal ini berkaitan dengan pola pencarian dasar pada data, yaitu bagaimana melakukan pengekstrakan suatu informasi lalu mengelompokkannya (Clustering) sehingga lebih mendekati apa yang diharapkan oleh users saat mengaksesnya. Permasalahan mendasar pada big data adalah unlabeled objects. Ini terjadi karena data yang masuk sangat banyak disetiap milidetiknya sedangkan dari data yang masuk tersebut belum bisa merepresentasikan apapun. Proses clustering merupakan suatu pengelompokkan dari elemen yang memiliki kesamaan. Pengelompokan tersebut berdasarkan pemilihan clustering algorithm dan parameter data tersebut. Hasil dari clustering pada big data yaitu dapat memudahkan dalam browsing, searching, dan perekomendasian terhadap suatu data. Selain itu, clustering juga dapat berkembang dari waktu ke waktu. Dengan demikian, clustering menjadi kunci (key) untuk permasalahan yang terjadi pada big data saat ini.

Hari kedua seminar, Anil K. Jain berbagi pengetahuan tentang How to submit a paper into High Impact Factor Journal. Anil menjelaskan bahwa impact factor (IF) dari sebuah jurnal mencerminkan jumlah rata-rata kutipan artikel terakhir yang dipublikasikan dalam sebuah jurnal. Salahnya adalah masih banyak yang berpikiran bahwa semakin tinggi IF, jurnal tersebut semakin bagus. Padahal mungkin saja pada jurnal akan lebih banyak kutipan daripada hasil risetnya. Hal ini dapat memungkinkan terjadinya plagiarism dalam sebuah jurnal. Sebagai kesimpulannya Anil berharap bahwa seorang periset seharusnya dapat merepresentasikan pemikirannya ke dalam sebuah jurnal yang sangat baik. Dan jurnal tersebut harus sesuai dengan topik dan memiliki kualitas yang dapat dipertanggung jawabkan.

Sebagai penutupan, Anil K. Jain mengutip perkataan dari Richard Hamming dalam ‘You and Your Research’ mengenai bagaimana cara untuk menjadi sukses yaitu “if you are to do important work than you must work on the right problem, at the right time and in a right way”. (IP)

We usually reply with 24 hours except for weekends. All emails are kept confidential and we do not spam in any ways.

Thank you for contacting us :)

Enter a Name

Enter a valid Email

Message cannot be empty