Seminar: Iris Recognition

On Wednesday, October 09 th, 2013

Seminar Iris Recognition

Dalam rangka kunjungan dari National Central University, Taiwan ke Universitas Indonesia pada tanggal 4 Oktober 2013, Prof. Yung Hui-Li berkesempatan berbagi pengalaman dan ilmu kepada mahasiswa melalui sesi seminar Fasilkom UI. Hui-Li merupakan Professor dari Department Computer Science and Information Engineering di National Central University, Taiwan. Pada kesempatannya, Hui-Li membahas tentang Iris Recognition.

Saat ini penggunaan teknologi dalam kehidupan sehari-hari sudah sangat fleksibel. Pengguna menuntut dengan adanya teknologi yang kian berkembang, dapat membuat mereka semakin menyadari adanya sistem yang mengontrol kehadiran mereka. Contohnya melalui mata. Mata merupakan salah satu organ tubuh yang dapat dilihat dan dibedakan secara kasat mata ataupun melalui metode pencitraan. Dari seluruh bagian dari organ mata, Iris terpilih sebagai bagian yang sangat mudah untuk dideteksi perbedaannya. Rekaman iris bersama dengan metode pencitraan terhadap pola iris tersebut dapat menghasilkan suatu angka atau nilai yang digunakan sebagai sumber pembeda dan pendeteksi kebenaran pemilik iris. Awalnya, setiap mata dari individu akan di foto. Kemudian dengan memanfaatkan metode pencitraan/perhitungan pola terhadap foto akan dihasilkan angka/nilai. Terakhir, angka/nilai tersebut dapat dicocokkan dengan mata(iris) aslinya. Dengan demikian, hasil dari iris recognition ini seharusnya dapat menggantikan sistem kehadiran seseorang yang lebih higienis dan lebih mudah.

Selain membahas mengenai iris recognition, Hui-Li juga berkesempatan memperkenalkan NCU kepada mahasiswa yang hadir. Hui-Li berharap, ada mahasiswa yang tertarik bekerjasama dengan NCU dan terhadap hasil risetnya sehingga menjadi produk nyata yang dapat dirasakan kegunaannya. Namun demikian, hasil riset mengenai Iris recognition ini diakui masih memiliki kekurangan yaitu hanya dapat digunakan untuk mereka yang memiliki mata normal. (IP)

We usually reply with 24 hours except for weekends. All emails are kept confidential and we do not spam in any ways.

Thank you for contacting us :)

Enter a Name

Enter a valid Email

Message cannot be empty