GRAFKOM 2013

On Wednesday, November 13 th, 2013

GRAFKOM-2013GRAFKOM atau Fotografi Fasilkom merupakan program kerja dari FLOCS, UKF Fotografi Fasilkom UI. Tahun ini GRAFKOM kembali hadir membawa nuansa baru, dengan tema “Live with Technology”.GRAFKOM menggambarkan bagaimana teknologi membawa dua sisi yang berbeda terhadap kehidupan manusia. Dimana saat ini teknologi telah mendukung semakin besarnya hasil karya dalam bentuk fotografi.

Bertempat di Aula Terapung Perpustakaan Pusat Universitas Indonesia, acara puncak GRAFKOM 2013 dimulai pada pukul 10 pagi. Diawali dengan sambutan dari Jouvy Alif selaku Project Officer GRAFKOM 2013 dan dilanjutkan oleh Bpk. Yugo K. Isal selaku dosen Fasilkom dan perwakilan dewan juri GRAFKOM 2013.

Sebagai pembicara pada seminar GRAFKOM sesi pertama, Arbain Rambey, fotografer senior dan editor harian Kompas. Beliau berhasil menarik perhatian peserta saat menceritakan pengalamannya dalam merintis ilmu di bidang fotografi. Selain itu, Arbain juga menceritakan kisah pertamanya mendapatkan penghasilan dari fotografi. Antusiasme peserta seminar terlihat dari banyaknya pertanyaan yang dilontarkan ketika sesi tanya jawab pertama dibuka. Pengalaman dan ilmu yang dibagikan oleh Arbain diharapkan dapat menjadi sumber inspirasi bagi peserta GRAFKOM.

Seminar sesi kedua dimulai pada pukul 13.00. Kali ini Arbain memperlihatkan berbagai macam foto hasil karyanya dan beberapa foto karya fotografer lain yang dianggap unik. Beberapa kali foto yang ditampilkan mengundang gelak tawa para peserta seminar. Pembawaan yang santai dan tenang diri Arbain membuat peserta seminar terlihat nyaman dan antusias.

Penutupan pada sesi seminar menjadi tanda mulainya sesi penjurian 20 besar finalis foto kompetisi GRAFKOM 2013. Dipimpin oleh Yugo dan Arbain sebagai dewan juri GRAFKOM 2013, yang menjelaskan keunikan dari setiap foto kompetisi. Setelah melakukan penilaian dengan ketat dan rinci pada finalis, didapatkan pemenang dari kompetisi GRAFKOM 2013 yaitu:

Kategori Umum :

Juara 1: Keyza Pratama Widiatmika dengan karya “Ramai dalam Maya”

Juara 2: Augusto Dwifa dengan karya “Fixing the Night”

Juara 3: Chandra Briliandika dengan karya “Good Bye Drawing Book, Welcome Drawing Pad”

Kategori Pelajar :

Juara 1: Dimas Widy Prasetyo Utomo dengan karya “Mengabadikan Momen”

Juara 2: Ahmad Azmy Amiq dengan karya “Dekat menjadi Jauh”

Juara 3: Anwar Musaddad dengan karya “Menyetem Gitar dengan Handphone”

Juara 1 Rally Photo: Ahmad Akif Rizki dengan karya “All Must Be Perfect!”

Juara 2 Rally Photo: Muhammad Rofi Ramadhan dengan karya “Robotic Competition”

Juara Favorit: Haritztya Azka dengan karya “Terikat Cahaya”

Berakhirnya sesi penjurian dan pemberian ucapan selamat kepada para pemenang menjadi akhir dari kegiatan GRAFKOM 2013. Melalui kegaitan GRAFKOM ini, panitia berharap dapat menjadi wadah lahirnya generasi muda yang mampu mengapresiasikan karya dan prestasinya dalam bentuk seni foto atau gambar. (Jouvy/IP)

We usually reply with 24 hours except for weekends. All emails are kept confidential and we do not spam in any ways.

Thank you for contacting us :)

Enter a Name

Enter a valid Email

Message cannot be empty