Seminar Reboan: Computer Interpretation of ECG: Arrhythmia

Seminar Reboan: Computer Interpretation of ECG: Arrhythmia

On Monday, November 18 th, 2013

Seminar-Reboan-Computer-Interpretation-of-ECG-ArrhythmiaDi dalam kehidupan manusia, kestabilan kondisi tubuh dan organ merupakan hal yang dianggap penting dilakukan. Terutama ditahun-tahun belakangan ini dimana hasil riset mengatakan bahwa semakin meningkatnya jumlah kematian manusia akibat gagal jantung atau serangan jantung. Berangkat dari peristiwa ini, bidang kedokteran di seluruh dunia mencoba mengembangkan dan mengkritisi teknologi terhadap peralatan kedokteran yang dianggap sangat menunjang kepentingan ini. Dr. dr. Yoga Yuniadi, SpJP(K), berbagi ilmu kepada mahasiswa Fasilkom UI dalam sesi Seminar Reboan 6 November 2013. Topik yang dibahas adalah Computer Interpretation of ECG: Arrhythmia.

Arrhythmia adalah kondisi denyut jantung yang tidak menentu atau masalah yang terjadi pada sistem elektrik jantung yang bertugas mengatur denyut jantung. ECG atau EKG (Electrocardiography) merupakan signal yang menginterpretasikan aktivitas jantung dalam periode waktu tertentu. Signal ECG ini berfungsi untuk mengatahui kestabilan kondisi jantung, kelancaran transfusi/peredaran darah, kondisi impulse dan sebagainya. Alat ECG inilah yang merupakan hasil dari perkembangan teknologi terhadap bidang kesehatan. Namun bagi seorang dokter atau ahli di bidang kesehatan, ECG tidak hanya digunakan sebagai alat pemberi gambaran kondisi jantung namun juga dapat memberikan beberapa solusi tindakan terhadap pasien. Akan tetapi kemampuan ECG dalam menginterpretasikan jantung, saat ini masih belum sampai secanggih harapan dokter. Kelemahan ECG saat ini adalah dalam membedakan beberapa gelombang jantung berdasarkan riwayat gelombang jantung sehat pasien masih dirasa kurang maksimal. ECG yang dioperasikan oleh sebuah komputer ini, sering kali bingung saat diberikan sebuah signal kemudian diminta untuk memberikan penjelasan atau jawaban terhadap signal tersebut.

Melalui seminar ini, Dr. Yoga berharap para pengembang terutama dari Fasilkom UI dapat memperhatikan hal-hal utama tersebut apabila ada diantara mahasiswa yang tertarik atau sedang mengembangkan proyek mengenai ECG Signal. Dr Yoga berkata “kami (bidang kesehatan) akan lebih terbantu apabila pengembangan alat ECG ini dapat sampai ke pemberian informasi tindakan terhadap pasien. Karena informasi inilah yang akan membantu keselamatan pasien lebih awal dan lebih cepat bila sewaktu-waktu hanya ada perawat yang bertugas”. (IP)

We usually reply with 24 hours except for weekends. All emails are kept confidential and we do not spam in any ways.

Thank you for contacting us :)

Enter a Name

Enter a valid Email

Message cannot be empty