Workshop Public Speaking: SPEAKtacular!

On Monday, November 18 th, 2013

Workshop-Public-Speaking-SPEAKtacular!Di era teknologi saat ini perkembangan media sosial telah menjadi prioritas utama bagi kehidupan masyarakat terutama dalam mencari informasi dan menyebarkan informasi. Media sosial dianggap menjadi wadah dalam mengekspresikan diri sehingga beberapa dari mereka hanya mampu berinteraksi melalui media. Jika kelemahan masyarakat tersebut dibiarkan lebih lama maka akan berakibat fatal bagi sistem interaksi manusia dan berdampak pada pengembangan teknologi. Berangkat dari peristiwa inilah Fasilkom UI pada tanggal 8 November 2013 menyelenggarakan acara Workshop Public Speaking bersama Gustav Aulia (Anchor RCTI – Berita Seputar Indonesia).

Acara yang dimulai pada pukul 13.00 di AULA Fasilkom itu berhasil menarik perhatian lebih dari 100 peserta. Antusiasme peserta terhadap duniapublic speaking dan teknologi juga tidak hanya datang dari mahasiswa Fasilkom namun juga dari luar Fakultas. Dalam workshop ini, Gustav berbagi pengalaman selama bekerja di stasiun TV di Indonesia. Mulai dari pengalaman lucu, menegangkan hingga mengharukan sudah pernah dia alami. Gustav menjelaskan bahwa banyak masyarakat berpikir di dalam dunia presenter atau pemberitaan, narasilah yang menjadi hal utama. Namun bagi Gustav hal terpenting adalah TKP (Tempat Kejadian Perkara). Gustav berkata “narasi itu hanya menarik perhatian pola pikir pendengar namun dengan gambar, tidak hanya pola pikir yang berhasil digapai melainkan juga hati pendengar. Dan hatilah yang paling penting”.

Selain menceritakan pengalamnya, Gustav juga menjelaskan beberapa hal yang terpenting dalam duniapublic speaking. Tujuannya adalah untuk menarik perhatian lawan bicara, membuat lebih berani dan percaya diri serta memberikan kesan tegas sebagai seorang presenter. Adapun hal-hal penting yang harus diperhatikan saat menyampaikan suatu informasi terutama di muka umum yaitu (1) Gesture; (2) Natural; (3) Santai; (4) Ekspresi wajah; (5) Gerakan tangan; (6) Kontak mata; (7) Positive attitude; (8) Talk-time-intonation. Kedelapan hal penting dalam public speaking tersebut menjadi lebih menarik karena disertai dengan praktik dari para peserta workshop.

Sebagai penutup workshop, Gustav berharap setiap individu seharusnya lebih berani mengungkapkan dan menyampaikan pemikirannya. Media yang sangat mendukung saat ini merupakan modal utama untuk mencapai keberhasilan dalam dunia public speaking dan jurnalistik. (IP)

We usually reply with 24 hours except for weekends. All emails are kept confidential and we do not spam in any ways.

Thank you for contacting us :)

Enter a Name

Enter a valid Email

Message cannot be empty