Promosi Doktor Fasilkom UI 2014 – Dr. Ummi Azizah Rachmawati

Promosi Doktor Fasilkom UI 2014 – Dr. Ummi Azizah Rachmawati

On Wednesday, January 22 nd, 2014

Promosi-Doktor-Fasilkom-UI-2014---Dr.-Ummi-Azizah-Rachmawati

Senin, 20 Januari 2014 Fasilkom UI menyelenggarakan sidang terbuka dalam rangka penganugerahan gelar Doktor bidang Ilmu Komputer kepada Ummi Azizah Rachmawati. Acara dilaksanakan di Aula Fasilkom UI dengan judul disertasi “Metode Estimasi Waktu Proses untuk Pengembangan Layanan E-Government Grid di Indonesia”.

Dalam riset ini, peneliti menekankan pada waktu proses suatu layanan grid dengan mengusulkan suatu metode estimasi yang diperoleh setelah melakukan simulasi dan eksperimen pada suatu sistem nyata dengan studi kasus Indonesia. Ada tiga design topologi dan skenario untuk layanan e-government grid di Indonesia yaitu skenario simulasi berdasarkan group fungsi; Pembagian Wilayah dan Populasi; Populasi dengan pengaturan alokasi sumber daya. Ukuran dalam simulasi adalah kecepatan waktu proses untuk setiap skenario dengan menggunakan algoritma FIFO (First In First Out) dan algoritma SCFQ (Self Clocked Queuing Fair). Salah satu kesimpulan dari riset ini yaitu faktor geografis, sejarah dan budaya, infrastruktur, aparat dan staf serta warga masyarakat Indonesia memperlihatkan peningkatan sehingga Indonesia memiliki modal yang cukup untuk mengembangkan layanan e-government grid.

Sidang promosi ini diketuai oleh Mirna Adriani, Ph.D. Bertindak sebagai promotor yaitu Prof. Heru Suhartanto, Ph.D. dan ko-promotor Dana Indra Sensuse, Ph.D. Kemudian turut menghadirkan penguji Prof. Dr. Ir. Kudang Boro Seminar, M.Sc., Setiadi Yazid, Ph.D., Dr. Eko K. Budiardjo, Yudho Giri Sucahyo, Ph.D., dan Dr. Ade Azurat. Hasil disertasi dipresentasikan dengan sangat baik sehingga mendapatkan yudisiumSangat Memuaskan, yakni 3.35. Sebagai lulusan Doktor ke-26 Fasilkom UI, gelar Doktor Ilmu Komputer dianugerahkan kepada Dr. Ummi Azizah Rachmawati. (IP)

We usually reply with 24 hours except for weekends. All emails are kept confidential and we do not spam in any ways.

Thank you for contacting us :)

Enter a Name

Enter a valid Email

Message cannot be empty