Seminar Reboan: Preview Open BTS and Range Networks

On Tuesday, February 25 th, 2014

Seminar-Reboan-Preview-Open-BTS-and-Range-Networks

Perkembangan teknologi informatika dan telekomunikasi saat ini telah mendorong para peneliti untuk mengembangkan teknologi pada pemancar radio. Rabu, 12 Februari 2014 dalam Seminar Reboan Fasilkom UI menghadirkan pembicara yaitu Jim Forster (ketua dari AirJadi.com) dan Onno W. Purbo(Peneliti/Pengajar di Life Science Faculty, Surya University ). Dalam seminar tersebut topik yang diusung adalah Preview Open BTS and Range Networks.

Open Base Transceiver Station (BTS) merupakan Aplikasi Unix yang menggunakan radio software untuk menyajikan GSM Um interface ke handset dan menggunakan softswitch SIP atau PBX untuk menghubungkan panggilan. OpenBTS termasuk ke dalam software open source yang dikembangkan dan dipelihara oleh Range Networks. Sedangkan Range Networks didefinisikan sebagai teknologi yang akan melayani miliaran pelanggan mobile di dunia. Dengan adanya range networks memberikan visi baru dalam dunia mobile dengan arsitektur yang fleksibel berdasarkan pada software open source komersial .

Dan saat ini, Teknologi Software Defined Radio (SDR) merupakan salah satu terobosan luar biasa dalam perkawinan ilmu informatika dan telekomunikasi. SDR memungkinkan untuk dapat membuat pemancar/penerima radio yang mengandalkan program/software di komputer. Dengan demikian OpenBTS bahkan dapat dibuat sendiri sebagian karena menggunakan teknologi Open Source.

Besar harapan pembicara agar para peneliti terutama dari Fasilkom UI dapat mengembangkan teknologi ini sehingga dapat memberikan keuntungan dan nilai bagi pasar di Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

We usually reply with 24 hours except for weekends. All emails are kept confidential and we do not spam in any ways.

Thank you for contacting us :)

Enter a Name

Enter a valid Email

Message cannot be empty

X