Seminar Reboan: Scaling Code for Social Impact

On Tuesday, March 04 th, 2014

Seminar Reboan Scaling Code for Social Impact

Saat ini, kebutuhan masyarakat di Indonesia terhadap transaksi elektronik terhitung meningkat pesat. Namun meningkatnya kebutuhan tersebut tidak diiringi meningkatnya hak akses terhadap produk-produk perbankan terutama di daerah-daerah di Indonesia. Permasalahan ini mengispirasi RUMA untuk menciptakan inovasi baru yang mampu menunjang dan memfasilitasi masyarakat daerah untuk tetap aktif dalam mengakses produk-produk perbankan. Pada sesi Seminar Reboan Fasilkom UI tanggal 26 Februari 2014, RUMA berkesempatan berbagi pengalaman tersebut bersama mahasiswa Fasilkom UI dengan pembicara Salma Desenta. Tema yang diusung adalah Scaling Code for Social Impact.

Sistem penunjang yang saat itu dikembangkan oleh RUMA dikenal dengan nama sistem waralaba berbasis teknologi. Teknologi utama yang dimanfaatkan oleh RUMA adalah teknologi seluler. Teknologi seluler ini dinilai yang paling efektif dan efisien untuk dapat menjangkau masyarakat di daerah. Dalam hal ini, sistem waralaba memanfaatkan fungsi telpon, SMS dan internet pada teknologi seluler. Metode yang digunakan adalah metode scrum. Ada beberapa tahap pengembangan sistem yang dilakukan oleh RUMA yaitu (1) membuat masyarakat terbiasa dengan program contohnya pulsa-elektronik; (2) Prabayar, dimana masyarakat mulai berpikir untuk melakukan akses lebih bebas; (3) Agent e-banking, posisi disaat masyarakat sudah mencoba untuk memutarkan kembali fasilitas yang telah diterima.

Salma mengatakan bahwa social impact yang terjadi saat pengembangan sistem RUMA tersebut adalah meningkatnya kesejahteraan masyarakat terutama di daerah. Hal ini terbukti dengan adanya testimonial dari seorang masyarakat daerah yang tetap bisa melakukan tugas rumah tangga namun dia juga dapat menambah penghasilan rumah tangga melalui sistem waralaba tersebut. Sebagai penutup, RUMA berharap ada di antara mahasiswa Fasilkom yang berminat untuk bergabung sebagai Tim RUMA dan bersama-sama membangun inovasi untuk masyrakat terutama di daerah di Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

We usually reply with 24 hours except for weekends. All emails are kept confidential and we do not spam in any ways.

Thank you for contacting us :)

Enter a Name

Enter a valid Email

Message cannot be empty

X