Mengasah Keterampilan Asisten Dosen

On Wednesday, November 05 th, 2014

Setelah sukses menyelenggarakan Pelatihan Kakak Asuh, Bidang Akademik Fasilkom UI kembali merangkul para Asisten Dosen untuk turut mengembangkan keterampilannya melalui kegiatan Pelatihan Asisten Dosen Fasilkom UI. Pelatihan dilaksanakan di R. 2402 lt. 4 Gd. B Fasilkom UI, Sabtu, 25 Oktober 2014. Dengan jumlah 41 peserta, pelatihan menghadirkan M. Rifki Shihab, M.Sc., Dosen Fasilkom UI.

Dalam pelatihannya, Rifki menjelaskan tugas-tugas sebagai asisten dosen itu berbeda dengan tugas sebagai dosen. Biasanya seorang asisten dosen tidak seketat dosen dalam memberikan tugas maupun mendidik mahasiswa. Seorang asisten dosen dipersiapkan tidak hanya untuk membantu dosen dalam mengkoreksi tugas-tugas namun juga membantu mahasiswa dalam memahami materi hingga siap menghadapi ujian. Asisten dosen dipersiapkan sesuai dengan bidang masing-masing. Satu mata kuliah biasanya memiliki satu atau lebih asisten dosen.

Pada sesi pelatihan dijelaskan cara-cara yang dapat digunakan untuk dapat merangkul situasi kelas yaitu (1) Attention, mengembalikan perhatian mahasiswa ke asisten dosen misalnya dengan mengajukan pertanyaan atau bergerak ke depan hingga mendekati barisan mahasiswa tertentu; (2) Menghindari cara mengajar yang sama dengan dosen misalnya dengan memperkaya slide presentasi, diskusi, dll; (3) Case study, komunikasi melalui contoh-contoh kasus yang lebih dikenal atau dekat dengan mahasiswa; (4)Project based, melakukan proses belajar dengan berkelompok. Selain itu, Rifki juga mengatakan perihal utama menjadi asisten dosen yang baik adalah tampil meyakinkan di depan mahasiswa. Bagaimana caranya, itu tergantung dengan masing-masing asisten dosen namun pada umumnya persiapan step-by-step (kerangka) materi menjadi hal utama bagi asisten dosen. Jadi, jika ada pertanyaan dimana materinya tidak sesuai dengan kerangka materi yang dipersiapan oleh asisten dosen maka asisten dosen punya hak untuk menunda menjawab materi tersebut. Hal ini dinilai sangat membantu memfokuskan mahasiswa dan mempermudah keterampilan asisten dosen.

Sebagai penutup, pantia Pelatihan mengajak asisten dosen yang hari itu berpartisipasi untuk mencoba dan mempraktikkan keterampilannya sebagai asisten dosen. Rifki yang hadir sebagai narasumber pun diminta untuk menjadi juri dan mengoreksi penampilan para asisten dosen. Tiga asisten dosen terbaik berdasarkan penilaian Rifki mendapatkan gift masing-masing 1 hard disk dan 2 flash disk. Melalui pelatihan ini, mahasiswa yang menjadi asisten dosen diharapkan semakin berkembang skill dan keterampilan serta pemahamannya. (ip)

We usually reply with 24 hours except for weekends. All emails are kept confidential and we do not spam in any ways.

Thank you for contacting us :)

Enter a Name

Enter a valid Email

Message cannot be empty