Seminar on Informatics Asia 2014

On Thursday, December 04 th, 2014

Seminar-on-Informatics-Asia-2014Kamis, 18 September lalu, Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia kedatangan tamu dari Kyoto University, Jepang. Kunjungan mereka ini merupakan bagian dari rangkaian Seminar on Informatics yang rutin diadakan setiap tahunnya di negara-negara Asia. Tujuan dari acara ini yaitu untuk memperkenalkan Graduate School Kyoto University berikut program-program yang ditawarkan, serta menampilkan hasil riset yang dilakukan oleh Kyoto University dan Universitas Indonesia.

Seminar dibuka oleh dekan Fasilkom UI, Mirna Adriani, PhD. Beliau memberikan pengenalan mengenai Fakultas Ilmu Komputer UI, serta memberikan sedikit gambaran mengenai beberapa produk riset yang dilakukan Fasilkom seperti: Digital Library & Distance Learning berisi Framework E-cultural Heritage di Indonesia; Traffic Monitoring yang memanfaatkan Computer Networks, Architecture & High Performance Computing; Formal Methods & Software Engineering yang digagas oleh Prof. Bellawati; pemanfaatan Enterprise Computing Lab untuk pembuatan Enterprise University Information Systems; Museum Search Engine yang mengandalkan Information Retrieval; penggunaan Pattern Recognition dan Image Processing Lab untuk pembuatan Cattle Race Identifications for E-livestock; serta lab E-Governmentdan IT-Governance.

Sesi kedua diisi oleh dekan dari Graduate Kyoto University, Prof. Toru Sato. Beliau memperkenalkan Kyoto University, dari mulai sejarah, program yang ditawarkan. Selain itu, Toru Sato juga menjelaskan aktivitas riset di Kyoto University yang terbagi menjadi Intelligence Science & Technology, Social Informatics, Communications & Social Engineering, Complex Dynamic of System, Application Math & Physics, serta Systems Science.

Seminar kemudian dilanjutkan oleh presentasi beberapa produk riset yang dilakukan oleh Universitas Indonesia dan juga oleh Kyoto University sebagai berikut:

  • Indonesia-Open Educational Resources (I-OER) dipresentasikan oleh Harry B. Santoso, Ph.D dari Universitas Indonesia. Riset yang dilakukannya bersama dengan Prof. Zainal A.Hasibuan ini memiliki tujuan untuk meningkatkan akses terhadap sumber daya Pendidikan Terbuka (Open Education Resources) untuk mencerdaskan bangsa serta melakukan implementasinya di Universitas Indonesia dan partnernya.
  • Crowdsourcing for Big Data Analytics dipresentasikan oleh Prof. Hisashi Kashima dari Kyoto University. Dengan riset ini diharapkan pemrosesan data analysis yang padat tenaga kerja dapat dilakukan menggunakan dukungan dari crowddengan berbagai skill dan pengetahuan (crowdsourcing).
  • Human Activity Recognition dipresentasikan oleh Dr. Eng. Ivan Fanany dari Universitas Indonesia. Riset ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana machine belajar mengenali serta meng-generate berbagai gerakan dan aktivitas manusia, seperti dalam olahraga (badminton, gymnastic, pencak silat), tarian (tari Pendet), cara berjalan manusia, maupun bentuk pengenalan manusia yang lain seperti sidik jari dan face biometry.
  • Direction of Arrival Estimation Using Khatri-Rao Subspace via Compressive MUSIC dipresentasikan oleh Kazunori Hayashi dari Kyoto University. Riset ini terkait pemrosesan sinyal secara statistik untuk komunikasi dan merupakan bagian dari compressed sensing, seperti contoh lainnya estimasi respons channel dan deteksi tag RFID.
  • Building Topical Poetry Generation System dipresentasikan oleh Hisar Ruli Manurung, S. Kom, Ph.D. dari Universitas Indonesia. Riset yang terbilang unik ini menghasilkan suatu sistem yang bisa meng-generate sebuah puisi yang sesuai dengan kaidah gramatikal, memiliki arti yang dapat dipahami, serta indah seperti lazimnya puisi yang dibuat manusia.
  • Open Language Grid: Towards a Worldwide Language Service Infrastructure dipresentasikan oleh Donghui Lin dari Kyoto University. Riset ini mengembangkan layanan online platform multi bahasa yang dapat melakukan sharing kamus online, bilingual corpora serta penerjemah mesin. Sebanyak lebih dari 144 organisasi dari 17 negara telah berpartisipasi dalam Language Grid ini.

Sebelum acara ditutup, Graduate School of Kyoto University mempresentasikan tentang program-program yang ada di Graduate School of Kyoto University, ujian masuk yang harus ditempuh, beasiswa yang disediakan, dan juga sedikit gambaran mengenai kehidupan di Kyoto, Jepang. (dp)

We usually reply with 24 hours except for weekends. All emails are kept confidential and we do not spam in any ways.

Thank you for contacting us :)

Enter a Name

Enter a valid Email

Message cannot be empty