Seminar Reboan Clean Code

On Thursday, December 04 th, 2014

Seminar Reboan Clean CodeRabu (8/10), Seminar Reboan Fasilkom UI menghadirkan On Lee, Chief Technology Officer GDP Venture. Dengan mengusung tema Clean Code, Ia mengatakan bahwa program yang buruk pun masih dapat berfungsi. Namun, jika suatu kode program tidak bersih, hal tersebut dapat menghambat perkembangan organisasi. Tentunya akan banyak waktu, tenaga, dan sumber daya signifikan hilang dengan percuma karena kode program yang ditulis dengan buruk.

Pada awal sesi seminar, On Lee menjelaskan tentang GDP Venture dan program-program pada perusahaan tersebut. On Lee lebih mengedepankan penjelasan tentang GDP Labs, dimana mahasiswa dengan latar belakang teknologi informasi banyak bergabung dan bereksperimen. Beberapa alumni Fasilkom UI yang telah bekerja di GDP Labs, Juan Karsten dan Fredric Sanjaya dihadirkan untuk mengupas tuntas permasalahan clean code.

Juan dan Fredric menjelaskan prinsip-prinsip, pola, dan praktik menulis kode yang bersih. Selain itu dijelaskan pula beberapa kasus peningkatan kompleksitas dikarenakan kode yang kurang efisien. Mereka juga menyadarkan beberapa pemikiran umum para developer saat menulis, membaca, dan merapikan kode program, yang seharusnya dapat digeser ke arah yang lebih baik.

Dalam seminar, para peserta diberikan tips bagaimana membedakan antara kode yang baik dan yang buruk, bagaimana mengubah kode yang buruk menjadi kode yang baik, bagaimana membuat penamaan, fungsi, objek, kelas, komentar, dan format kode yang baik serta mengimplementasikan error handling yang lengkap tanpa menghilangkan atau mengurangi makna dan logika dari kode program tersebut. Selain itu, On Lee dan tim juga mengulas tentang bagaimana cara menguji kelayakan program yang baik sehingga dapat dipahami bahwa permasalahan ini (Red. Clean Code) bukan hanya menjadi tanggung jawab paradeveloper saja, melainkan juga menjadi tanggung jawab seluruh stakeholder dalam perusahaan/organisasi.

On Lee juga mengajak para peserta, khususnya mahasiswa Fasilkom UI untuk bersama-sama belajar dan berusaha menghasilkan karya-karya kreatif dan inovatif di GDP Labs. Ia menceritakan beberapa keuntungan yang dapat diperoleh di GDP Labs. Peserta cukup antusias untuk bergabung di GDP Labs, terutama para mahasiswa yang akan menyelesaikan studi di Fasilkom UI atau akan menjalani program kerja praktik (magang) dalam waktu yang relatif dekat. Hal tersebut terbukti dengan banyaknya pertanyaan yang diajukan peserta dan berakhir ke sesi diskusi khusus tentang GDP Venture serta peluang-peluangnya. (RDP)

We usually reply with 24 hours except for weekends. All emails are kept confidential and we do not spam in any ways.

Thank you for contacting us :)

Enter a Name

Enter a valid Email

Message cannot be empty