Pelatihan Bahasa Pemrograman Python

On Wednesday, February 11 th, 2015

Dalam rangka mendukung perkembangan bahasa pemrograman teknologi informasi (IT), Fasilkom UI menyelenggarakan Pelatihan Bahasa Pemrograman Python untuk para staf dan pengajar di lingkungan Fasilkom UI. Pelatihan dibuka langsung oleh Dekan Fasilkom UI, Mirna Adriani dengan mengundang L. Y. Stefanus (Dosen Fasilkom UI) sebagai pembicara. Pelatihan dilaksanakan pada tanggal 27 – 29 Januari 2015 di gedung A Fasilkom UI Depok.

Python merupakan bahasa pemrograman berorientasi pada objek dengan didukung model kelas sepertipolymorphism, operator overloading dan multiple inheritance. Dalam pengerjaannya, Python dapat menangani string yang besar, user-friendly, draft oriented, dan memaksa user untuk rapi dalam pengerjaan program. Selain itu perintah yang ditawarkan oleh python sangat mudah untuk dipahami dan fungsi-fungsinya tidak sama satu sama lainnya.

Dalam pelatihannya, L. Y. Stefanus atau yang lebih akrab disapa dengan Pak Stef menjelaskan perbedaan antara Python dan bahasa pemrograman yang selama ini telah diajarkan di Fasilkom UI yaitu Java, C, C++. “Python itu tidak perlu type lagi. Python yang akan menentukan tipenya berdasarkan objek karena yang disimpan oleh python itu alamat/reference“, kata Pak Stef dalam pelatihannya. Diakui oleh Pak Stef dan para peserta pelatihan bahwa penerapan bahasa python memang sangat mudah dan fleksibel namun sebenarnya dalam prosesnya bahasa python menerjemahkan secara diam-diam ke bentuk byte codesehingga membutuhkan waktu sedikit lebih lama, sama hanya seperti halnya bahasa C dan C++.

Selama tiga hari pelatihan, para peserta disuguhkan hal-hal baru yang membuat pemrograman menjadi semakin menarik. Diharapkan melalui pelatihan ini para pengajar yang turut berpartisipasi dapat mengajarkan kepada mahasiswa Fasilkom UI. Diakui oleh Pak Stef bahwa bahasa python ini dapat melatihcomputational thinking pada mahasiswa. (ip)

We usually reply with 24 hours except for weekends. All emails are kept confidential and we do not spam in any ways.

Thank you for contacting us :)

Enter a Name

Enter a valid Email

Message cannot be empty