Promosi Doktor FASILKOM UI – Dr. Ambar Yoganingrum

On Tuesday, April 07 th, 2015

Dalam rangka penganugerahan gelar Doktor Ilmu Komputer kepada Ambar Yoganingrum, Fasilkom UI menyelenggarakan acara Promosi Doktor Ilmu Komputer pada hari Senin, 6 April 2015. Acara dilaksanakan di Gedung A Fasilkom UI dengan judul disertasi “Taksonomi Enterprise Architecture untuk Pengembangan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah: Bisnis, Palayanan Informasi dan TIK“.

Penelitian ini bertujuan untuk membangun Enterprise Architecture (EA) agar dapat menyelaraskan antara bisnis UMKM dan pelayanan TIK yang disediakan. EA adalah instrument untuk merancang dan membangun sebuah sistem guna keselarasan bisnis dan TIK. Proses penelitian meliputi 5 tahap yaitu (1) Identifikasi elemen-elemen pembangunan EA: teknik co-occurrence, hierarchical clustering analysis (HCA) dan multi dimensional scaling (MDS). (2) Identifikasi komponen dan subkomponen dengan menggunakan metode fenomenologi (3) Identifikasi kebutuhan antar elemen (4) Identifikasi hubungan antar elemen dengan menggunakan metode fenomenologi (5) Menguji validasi dan bobot subkomponen dengan menggunakan uji mean dan Shannon enropy, serta validasi dari model yang diusulkan bersama kelompok pemangku kepentingan. Dalam penelitian ini, peneliti mengusulkan tiga elemen yaitu bisnis, pelayanan informasi dan TIK.

Sidang ini diketuai oleh Mirna Adriani, Ph.D. Bertindak sebagi promotor yakni Prof. Dr. Aniati Murni Arymurthy dan ko-promotor Dana Indra Sensuse, Ph.D. Turut menghadirkan penguji yaitu Prof. Dr. Engkos Koswara N., Betty Purwandari, Ph.D., Dr. Ade Azurat, Dr. A. Nizar Hidayanto, dan Dr. Indra Budi. Hasil disertasi dipresentasikan dengan sangat baik sehingga mendapatkan yudisium Sangat Memuaskan. Sebagai lulusan ke-39 Fasilkom UI, gelar Doktor Ilmu Komputer dianugerahkan kepada Dr. Ambar Yoganingrum.

We usually reply with 24 hours except for weekends. All emails are kept confidential and we do not spam in any ways.

Thank you for contacting us :)

Enter a Name

Enter a valid Email

Message cannot be empty