Kartini’s Day dan CGT (Computer get Together) 2015 Fasilkom UI

Kartini’s Day dan CGT (Computer get Together) 2015 Fasilkom UI

On Tuesday, May 05 th, 2015

Dalam rangka memperingati semangat juang R.A. Kartini, staf Fasilkom dan Pusilkom UI bekerjasama dengan panitia CGT menyelenggarakan rangkaian acara dengan mengusung tema “CGT (Computer get Together) 2015 on Kartini’s Day“. Acara ini merupakan kolaborasi antara kegiatan tahunan mahasiswa, CGT, dengan kegiatan tahunan Fasilkom UI, Kartini’s Day. Acara diselenggarakan pada tanggal 29 April 2015 di Fasilkom UI Depok.

Acara dibuka dengan pertunjukan tari flashmob Jarikan yang dibawakan oleh para staf Fasilkom dan Pusilkom UI serta mahasiswa liga tari (Binari) Fasilkom UI dan dilanjutkan dengan kata sambutan dari Dekan Fasilkom UI, Mirna Ardiani. Jarik sendiri merupakan pengertian dari kain panjang berlatar belakang hitam dengan corak batik berwarna cokelat bermotif batik yang beraneka ragam. Sedangkan jarikan merupakan bagian dari seni memainkan kain panjang tersebut. Ibu Mirna dalam sambutannya menyebutkan bahwa semangat juang Kartini harus dimiliki oleh wanita-wanita masa kini.

Acara terdiri dari beberapa rangkaian perlombaan yang berjalan secara paralel, yaitu Lomba ‘Berpacu dalam Masakan’, Lomba ‘Akhirnya Nyanyi Juga’ dan ‘Jarik/Kain on the Show’. Pada lomba Berpacu dalam Masakan, peserta diminta untuk menghasilkan masakan berupa sepiring Mie Goreng Jawa dan segelas Es Buah. Semua bahan dan kebutuhan memasak telah dipersiapkan oleh panitia. Pada tahun ini acara menghadirkan juri professional yaitu Suyatno (staf ChezLely Culinary School) serta perwakilan dari POMDA dan IWK Fasilkom UI.

Lomba Akhirnya Nyanyi Juga yang berjalan paralel dengan lomba memasak, menjadi hiburan tersediri bagi peserta yang hadir maupun yang terlibat dalam perlombaan. Peserta lomba yang terdiri dari tim staf dan tim mahasiswa, diwajibkan untuk menyanyikan dua buah lagu yang dipilih secara acak. Alunan lagu-lagu jadul Indonesia, baik pop maupun dangdut, memberikan hiburan bagi para pendengar. Bukan hanya sekedar menghibur, para peserta tidak sungkan untuk mengajak para penonton turut serta berjoget dan bernyanyi bersama mereka.

Rangkaian acara terakhir adalah lomba Jarik/Kain on the Show, merupakan lomba menghias model dengan memanfaatkan Jarik/Kain. Komponen penilaian dalam lomba ini adalah hasil karya menggulung stagen yang dilakukan oleh para pria dalam satu tim. Kemudian model yaitu para wanita yang telah mengenakan Jarik hasil karya tim akan melakukan fashion show di lingkungan Fasilkom UI. Lomba ini sangat dekat dengan nuansa Kartini dan baru pertama kalinya diadakan di Fasilkom UI sehingga memberikan warna yang berbeda dalam acara CGT 2015 on Kartini’s Day. Selain itu, acara juga memberikan kesempatan kepada para keluarga Fasilkom dan Pusilkom UI yang memiliki bisnis berdagang untuk membuka Bazaar di area Fasilkom UI. Bazaar kali ini didominasi dengan jajanan khas Indonesia seperti es krim aneka rasa, kue-kue ringan, pempek Palembang dan beragam jenis makanan khas.

Acara ditutup dengan penyerahan bingkisan kepada para pemenang dari masing-masing kategori lomba. Sempat berbagi ilmu dari salah satu professional chef, Bpk. Suyatno, mengatakan “Dari segi rasa, semua peserta sudah cukup baik. Hanya saja sering kali peserta itu lupa hal-hal yang bersifat krusial dalam memasak misalnya mie itu baru dimasukkan ke air bila air tersebut telah benar-benar mendidih sehingga tingkat kematangannya sempurna. Saya berharap pengalaman memasak kali ini dapat memberikan pembelajaran kepada Bapak/Ibu sehingga dapat berbagi dengan anggota keluarga di rumah”. (ip)

We usually reply with 24 hours except for weekends. All emails are kept confidential and we do not spam in any ways.

Thank you for contacting us :)

Enter a Name

Enter a valid Email

Message cannot be empty