Promosi Doktor Ilmu Komputer – Dr. Meyliana

On Wednesday, July 01 st, 2015

Meningkatnya pengaruh media sosial dalam dunia bisnis turut mempengaruhi strategi pengelolaan pelanggan, atau Customer Relationship Management (CRM). Strategi pengelolaan pelanggan (customer management) berubah menjadi melibatkan pelanggan (customer engagement), atau yang disebut sebagaisocial CRM. Perubahan ini turut mempengaruhi hubungan antara perguruan tinggi sebagai kelompok perusahaan jasa dengan mahasiswa dan alumni sebagai pelanggan serta calon mahasiswa sebagai calon pelanggannya. Oleh karena itu, Meyliana dalam disertasinya yang berjudul “Social CRM di Perguruan Tinggi: Model, Proses, Preferensi Kanal, dan Faktor Kritis Penentu Keberhasilan” berusaha meneliti perlunya adaptasi social CRM dengan enterprise architecture berdasarkan Zachman Framework dan The Open Group Architecture Framework (TOGAF) oleh perguruan tinggi.

Penelitian ini menghasilkan model social CRM di perguruan tinggi beserta pengklasifikasian proses-proses di dalamnya, melihat preferensi kanal media sosial yang digunakan calon pelanggan dalam memilih perguruan tinggi serta oleh pelanggan untuk meningkatkan student dan alumni engagement, serta menentukan faktor-faktor kritis yang mempengaruhi implementasi social CRM model ini. Penelitian yang menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif ini memakai beberapa metode untuk mengumpulkan data yang dibutuhkan, termasuk studi literatur, observasi, focus group discussion, pengujian statistik, entropi, dan sebagainya. Penelitian ini menghasilkan sebuah Social CRM model yang terdiri dari 8 building blocks, 8  faktor kritis penentu keberhasilan dari implementasi social CRM model di perguruan tinggi. dan klasifikasi proses CRM yang terdiri dari 5 proses. Hasil lain yang diperoleh antara lain penggambaran tingkat adopsi media sosial pada situs perguruan tinggi dan preferensi kanal media sosial oleh alumni, mahasiswa, dan calon mahasiswa.

Hasil-hasil penelitian ini dipresentasikan Meyliana dalam sebuah sidang terbuka pada tanggal 24 Juni 2015 di Auditorium Fasilkom UI. Sidang promosi Doktor Ilmu Komputer ini dipimpin oleh Mirna Adriani, Ph.D. serta menghadirkan tim penguji yang terdiri dari Prof. Zainal A. Hasibuan, Ph.D., Prof. Dr. Richardus Eko Indrajit, Dr. Petrus Mursanto, Yudho Giri Sucahyo, Ph.D., dan Dana Indra Sensuse, Ph.D. Bertindak sebagai promotor dan ko-promotor pada sidang tersebut adalah Dr. A. Nizar Hidayanto dan Dr. Eko K. Budiardjo. Disertasi ini mendapatkan yudisium Sangat Memuaskan, dan gelar Doktor Ilmu Komputer dianugerahkan kepada Dr. Meyliana sebagai lulusan ke-42 dari program Doktor Fasilkom UI. (SA)

We usually reply with 24 hours except for weekends. All emails are kept confidential and we do not spam in any ways.

Thank you for contacting us :)

Enter a Name

Enter a valid Email

Message cannot be empty