Mengenal Lebih Dekat : Program Doktor Ilmu Komputer UI (DIK-UI)

Mengenal Lebih Dekat : Program Doktor Ilmu Komputer UI (DIK-UI)

On Friday, May 13 th, 2016

DIK-1020Pendidikan tinggi Indonesia membutuhkan keberadaan para Doktor yang akan mendorong dinamika dunia riset dan pendidikan, yang pada akhirnya dapat turut meningkatkan kualitas perguruan tinggi Indonesia sebagai universitas riset. FASILKOM UI sebagai institusi tertua bidang Ilmu Komputer di Indonesia, menaruh perhatian besar akan hal ini. Koordinator Bidang Ilmu Komputer UI, Dr. Ade Azurat, mengutarakan  “Pemerintah sedang mengupayakan agar graduate students khususnya Doktor atau Ph.D semakin tinggi, agar kita bisa membuat teknologi. Dan agar kemandirian bangsa lebih baik. Sehingga kita tak hanya sebagai pengguna, tetapi juga creator” papar Dr. Ade Azurat.

FASILKOM UI menyelenggarakan Seminar Program Doktor Ilmu Komputer pada Jumat, 8 April 2016, di Kampus UI Depok. Terdaftar 121 peserta dalam acara yang berlangsung mulai pkl 09.00 – 17.00 WIB ini. Mereka yang hadir adalah peminat program Doktor Ilmu Komputer atau Calon Mahasiswa Doktor Fasilkom UI.  Selain pemaparan tentang Program S3-DIK dan kriteria seleksi, seminar ini juga membagi banyak wawasan tentang topik riset dari berbagai minat di bidang IT.

Melalui diskusi panel, para peserta dibagi ke dalam dua cakupan peminatan riset/ lab, yakni : riset/ lab pada area Sistem Informasi dan riset/ lab pada area Ilmu Komputer. Sejalan dengan pemaparan Dr.Ade Azurat “Dalam program Doktor Ilmu Komputer, peminatan tak hanya terbatas pada bidang ilmu komputer saja, tetapi juga peminatan pada sistem informasi”. Sehingga peserta yang hadir, diharapkan sudah fokus pada bidang minat tertentu dan sudah memiliki rencana penelitian. Untuk kemudian diarahkan pada lab-lab riset di Fasilkom UI.

Seminar dibuka oleh Dr. Petrus Mursanto (Wakil Dekan Bid. Akademik-Fasilkom UI), dan dipandu oleh  Dr. Ade Azurat (Koordinator Bid. Ilmu Komputer-UI) bersama Dr. Ari Saptawijaya (Wakil Koordinator Bid. Ilmu Komputer -UI) dan Dr. Eng. Wisnu Jatmiko (Manager Riset Fasilkom UI).

Paparan topik riset, dipresentasikan langsung oleh para Kepala Lab :

  • Dana Indra Sensuse, Ph.D (Lab E-Government & E-Business)
  • Mirna Adriani, Ph.D (Lab Information Retrieval)
  • Bobby Nazief, Ph.D (Lab Information Management)
  • Eko Budiardjo, Ph.D (Lab Reliable Software Engineering Lab)
  • Harry Budi Santoso, Ph.D (Lab DigitalLibrary & Distance Learning)
  • M. Ivan Fanany, Ph.D dan Prof. Aniati Murni, Ph.D (Lab Machine Learning & Computer Vision)
  • Setiadi Yazid, Ph.D (Lab Computer Networks, Architecture and High Performance Computing Lab)

Di akhir sessi Panel dari 7 (tujuh) Lab Fasilkom UI, peserta diberikan kesempatan untuk berkunjung langsung ke Lab yang diminati, melihat sejumlah produk unggulan Lab, dan berdiskusi dengan tim riset di Lab terkait.

Melalui Seminar Program Doktor Ilmu Komputer UI (DIK-UI) ini, diharapkan para peserta yang hadir dapat memperoleh gambaran yang semakin jelas tentang kontribusi ilmiah yang dapat dipersiapkan oleh para calon doktor ilmu komputer. Seperti yang diungkapkan oleh Dr. Eng Wisnu Jatmiko (Manager Riset Fasilkom UI) “Topik riset yang didalami sebaiknya memang yang sesuai passion dan interest anda”.

Dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang kian pesat, semoga Pendidikan Tinggi di Indonesia dapat terus secara berkesinambungan melahirkan doktor-doktor terbaik di bidang Komputer dan Teknologi Informasi.

We usually reply with 24 hours except for weekends. All emails are kept confidential and we do not spam in any ways.

Thank you for contacting us :)

Enter a Name

Enter a valid Email

Message cannot be empty