Promosi Doktor Ilmu Komputer Fasilkom UI – Dr. Edit Prima

Promosi Doktor Ilmu Komputer Fasilkom UI – Dr. Edit Prima

On Friday, May 13 th, 2016

Promdok-EditPrima-CSFasilkom UI menyelenggarakan Sidang Promosi Doktor Ilmu Komputer kepada Sdr. Edit Prima pada hari Jumat, 8 Januari 2016. Sidang promosi yang diketuai oleh Mirna Adriani, Ph.D (Dekan Fasilkom UI) ini mengusung judul disertasi yaitu Kerangka Kerja Infrastruktur Kunci Publik berbasis Trust Model Bride-Hierarchy pada Sistem Pemerintahan Elektronik Indonesia.

Dalam penelitiannya, peneliti melakukan pengembangan kerangka government Public Key Infrastructure (PKI) pada pemerintahan terutama di Indonesia dengan memperhatikan kebijakan keamanan informasi. Tahapan yang dilakukan antara lain (1) Pengembangan kerangka kerja teoritis government PKI eGovAMAN berdasarkan kajian teori dan best practice implementasi government PKI dan trust model PKI serta kajian kebijakan e-government; (2) Evaluasi dengan pendekatan studi kasus; (3) Validasi e-GovAMAN menggunakan expert judgment dengan pendekatan kuantitatif menggunakan teknik analytical hierarchy process dan pendekatan kualitatif dengan teknik in-depth interview. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa eGovAMAN dapat diterima sebagai kerangka PKI untuk Indonesia dengan perlu mengantisipasi potensi kompleksitas interoperabilitas yang memang menjadi kelemahan dari trust model Bridge.

Sidang promosi ini dilaksanakan di Aula Fasilkom UI Depok dengan Promotor yaitu Prof. Zainal A. Hasibuan, Ph.D dan Ko-Promotor oleh Yudho Giri Sucahyo, Ph.D. Penguji yang turut dihadirkan pada sidang ini antara lain: Prof. Dr. Moedjiono, Dr. Rudi Lumanto, Setiadi Yazid, Ph.D., Dr. Indra Budi, Dr. A. Nizar Hidayanto, dan Harry Budi Santoso, Ph.D. Peneliti berhasil mempresentasikan disertasinya dengan yudisium Sangat Memuaskan. Sebagai lulusan ke-49 program Doktor Fasilkom UI, gelar Doktor Ilmu Komputer diberikan kepada Dr. Edit Prima.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

We usually reply with 24 hours except for weekends. All emails are kept confidential and we do not spam in any ways.

Thank you for contacting us :)

Enter a Name

Enter a valid Email

Message cannot be empty

X