Inovasi untuk Deteksi Anomali pada Jaringan Sensor

On Tuesday, July 19 th, 2016

PromdokArya-1020-2Fasilkom UI menyelenggarakan sidang promosi doktor dalam rangka penganugerahan gelar Doktor Ilmu Komputer kepada Sdr. Arya Adhyasa Waskita pada Senin, 27 Juni 2016. Sidang promosi dilaksanakan di Auditorium Fasilkom UI Depok dengan ketua sidang oleh Mirna Adriani Ph.D.. Judul disertasi yang diusung adalah “Deteksi Dini Kondisi Anomali Pada Jaringan Sensor Berbasis Metode Entropi”.

Diperlukan suatu sistem keselamatan yang baik untuk memastikan keselamatan ketika beroperasi. Seringkali, operasi sistem yang ada dapat menyebabkan korban jiwa dan kerusakan lingkungan hidup. Dalam penelitian ini, peneliti mengembangkan suatu sistem deteksi anomali (ADS) berbasis metode entropi. Fungsi ADS ini dikhususkan untuk sistem yang bersifat safety critical, yang telah mendefinisikan batas operasi yang normal untuk setiap elemen saat dirancang dan dapat segera mendeteksi jika ada penyimpangan. Untuk mengetahui dan mengamati hal-hal tersebut, diperlukan sejumlah sensor, baik homogen maupun heterogen.

Metode deteksi yang diusulkan oleh peneliti yaitu dengan menggunakan pendekatan entropi dan pencarian exhaustive. Pendekatan entropi berguna untuk mendeteksi anomali yang disebabkan kegagalan node sensor dan mengestimasi posisi node sensor yang mengalami anomali. Sedangkan pencarian exhausative memiliki keunggulan dalam merepresentasikan interaksi pasangan sensor. Namun membutuhkan komputasi yang besar dan tidak dapat menghasilkan nilai evaluator yang dijadikan acuan, apakah sistem beroperasi dengan aman atau tidak. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat membantu mengurangi kecelakaan dalam operasi sistem.

Sidang promosi yang dilaksanakan di AULA Fasilkom UI ini dipromotori oleh Prof. Heru Suhartanto Ph.D., dan ko-promotor Dr. Laksana Tri Handoko.  Turut menghadirkan penguji antara lain: Prof. Dr. Aniarty Murni Arymurthy, Prof. Dr. Kudang Boro Seminar, L.Y Stefanus Ph.D., Setiadi Yazid Ph.D., M. Ivan Fanany, Ph.D., dan Wahyu Catur Wibowo, Ph.D. Disertasi dipresentasikan dengan yudisium Sangat Memuaskan. Sebagai lulusan ke 55 dari Program Doktor Ilmu Komputer UI, gelar Doktor Ilmu Komputer diberikan  kepada Dr. Arya Adhyaksa Waskita. (as)

We usually reply with 24 hours except for weekends. All emails are kept confidential and we do not spam in any ways.

Thank you for contacting us :)

Enter a Name

Enter a valid Email

Message cannot be empty