Pengembangan Metodologi Rekayasa Ontologi Berbasis Sosioteknis

Pengembangan Metodologi Rekayasa Ontologi Berbasis Sosioteknis

On Tuesday, July 19 th, 2016

Jumat (10/6), Fasilkom UI menyelenggarakan Sidang Promosi Doktor dalam rangka penganugerahan gelar Doktor Ilmu Komputer kepada Sdr. Mesnan Silalahi. Sidang promosi yang diketuai oleh Mirna Adriani, Ph.D. ini mengusung judul disertasi “Pengembangan Metodologi Rekayasa Ontologi Berbasis Sosioteknis”.

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan membangun suatu metodologi rekayasa ontologi yang dapat menjamin dan mendukung  keberhasilan proyek pengembangan ontologi dengan menggunakan pendekatan sosioteknis. Dalam penelitiannya, peneliti melakukan penelitian faktor-faktor penting rekayasa ontologi yang berbasis sosioteknis. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode sintesi terhadap publikasi studi kualitatif dalam rekayasa ontologi untuk mendapatkan bukti-bukti atau fakta dari data empiris. Hasil sitesis dalam rekayasa ontologi menunjukkan bahwa terdapat empat faktor penting yaitu people, technology, task dan structure. Hasil sintesi terhadap data empiris  mengidentifikasi adanya aspek sosioteknis dalam seluruh fase life-cycle rekayasa ontologi yaitu fase perencanaan, analisis, desain, implementasi dan evaluasi. Hasil tersebut yang digunakan untuk membangun model life-cycle dalam metode yang diusulkan oleh peneliti.

Model life-cycle dioperasionalisasikan dalam deskripsi aktifitas, metode, dan teknik serta tool yang digunakan dalam menjalankan suatu proyek pengembangan  ontologi berbasis sosioteknis. Model telah diujicobakan oleh peneliti dalam studi kasus pengembangan ontologi tanaman obat asli Indonesia yang melibatkan sekitar sepuluh domain-expert terkait tanaman obat Indonesia. Hasil menujukkan suatu proses yang efektif dalam menjamin keberhasilan terhadap ontologi. Kontribusi dari penelitian ini dalam aspek akademis yaitu sebagai konfirmasi terhadap empat faktor utama dalam sistem sosioteknis, membangun life-cycle model baru dalam rekayasa ontologi melalui pendekatan sosioteknis, serta memberikan alternatif baru dalam metodologi rekayasa ontologi melalui pendekatan sosioteknis yang diwujudkan dalam operasionalisasi dari model life-cycle yang dibangun.

Sidang promosi yang dilaksanakan di AULA Fasilkom UI ini dipromotori oleh Prof. Dr. Aniati Murni dan sebagai ko-promotor yaitu Dana Indra Sensuse, Ph.D. Turut menghadirkan penguji antara lain: Prof. Dr. Engkos Koswara, Dr. Indra Budi, Wahyu Catur Wibowo, Ph.D., Dr. A. Nizar Hidayanto, dan Harry Budi Santoso, Ph.D. Disertasi dipresentasikan dengan yudisium Sangat Memuaskan. Sebagai lulusan ke 53, gelar Doktor Ilmu Komputer diberikan kepada Dr. Mesnan Silalahi. (ip)

We usually reply with 24 hours except for weekends. All emails are kept confidential and we do not spam in any ways.

Thank you for contacting us :)

Enter a Name

Enter a valid Email

Message cannot be empty