Promosi Doktor Ilmu Komputer – Dr. Erdefi Rakun

On Wednesday, January 11 th, 2017

Promdok-Ibu Erdefi 1020Kamis (5/1), Fasilkom UI menyelenggarakan Sidang Promosi Doktor Ilmu Komputer kepada Ibu Erdefi Rakun. Sidang dilaksanakan di AULA Fasilkom UI dengan Mirna Adriani, Ph.D sebagai Ketua Sidang dan Penguji. Judul disertasi yang diusung yaitu Pengenalan Komponen Imbuhan dan Kata Dasar pada Isyarat Kata Berimbuhan dalam SIBI (Sistem Isyarat Bahasa Indonesia) dengan Menggunakan Probabilistic Graphical Models.

SIBI (Sistem Isyarat Bahasa Indonesia) yang digunakan sebagai bahasa resmi bagi penyandang tunarungu di Indonesia, telah berkembang megikuti aturan tata bahasa Indonesia termasuk cara pembentukan kata berimbuhan (awalan, akhiran dan partikel). Oleh karena itu, peneliti dalam hal ini tertarik untuk melakukan penelitian baru, mengenai kata berimbuhan SIBI yang difokuskan pada pembangunan sistem penerjemah kata berimbuhan SIBI ke teks.

Model untuk mengenali gerakan isyarat memanfaatkan kamera Kinect yang menghasilkan data color, depth dan skeleton yang kemudian dilakukan ekstraksi fitur menghasilkan feature vector set yang mampu membedakan jenis isyarat SIBI. Feature vector set tersebut antara lain kata dasar, awalan dan akhiran. Dalam penelitiannya, peneliti menggunakan Model yaitu Conditional Random Fields (CRF), Hidden Markov Model (HMM), Long Short-Term Memory Neural Networks (LSTM) dan Gated Racurrent Unit (GRU). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Model LSTM untuk 2-layer merupakan model dengan akurasi terbaik. Keunggulan terletak pada input sequence of frames ini cocok karena gerakan isyarat memiliki long term termporal dependencies.

Dalam sidang promosi kali ini dipromotori oleh Prof. Dr. Aniaty Murni Arymurthy dan Lim Yohanes Stefanus, Ph.D. sebagai ko-promotor. Selain itu, sidang promosi turut menghadirkan penguji antara lain Dr. Agus Buono, Mohamad Ivan Fanany, Ph.D., Denny, Ph.D., dan Harry Budi Santoso, Ph.D. Hasil disertasi dipresentasikan dengan baik sehingga mendapatkan yudisium Cumlaude. Sebagai lulusan ke 58, gelar Doktor Ilmu Komputer disematkan kepada Dr. Erdefi Rakun.

We usually reply with 24 hours except for weekends. All emails are kept confidential and we do not spam in any ways.

Thank you for contacting us :)

Enter a Name

Enter a valid Email

Message cannot be empty