Promosi Doktor Ilmu Komputer – Dr. Putu Wuri Handayani

Promosi Doktor Ilmu Komputer – Dr. Putu Wuri Handayani

On Thursday, January 19 th, 2017

Promdok PutuSebagai wujud dukungan terhadap perkembangan Teknologi Informasi pada fasilitas kesehatan di Indonesia, Sdri. Putu Wuri Handayani, mahasiswa program Doktor Ilmu Komputer Fasilkom UI melakukan penelitian sebagai tugas akhir dalam disertasinya dengan judul Proses Institusional dan Model Penerimaan Penggunaan Terhadap Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS). Sidang promosi dilaksanakan pada hari Selasa, 10 Januari 2017 di Kampus UI Depok.

Dalam penelitiannya, peneliti berfokus pada implementasi Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS) di Indonesia. Sistem tersebut dinilai sangat membantu dalam mewujudkan proses bisnis di rumah sakit sehingga dapat memberikan informasi yang akurat, tepat waktu untuk mengambil keputusan diseluruh tingkat administrasi dalam perencanaan, pelaksanaan, pengawasan dan penilaian di rumah sakit. Penelitian dilakukan terhadap faktor-faktor dan model penerimaan pengguna dalam mengadopsi SIMRS di rumah sakit yang telah terakreditasi JCI dan KARS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses institusionalisasi yang terjadi pada rumah sakit pemerintah dan rumah sakit swasta berbeda karakteristik, dimana yang paling mempengaruhi yaitu sumber pendanaan yang didapatkan oleh masing-masing rumah sakit. Hasil mengidentifikasi pula faktor-faktor penerimaan pengguna, yang diolah dengan menggunakan teknik Entropy, dan kemudian diperoleh 15 faktor yang dapat meningkatkan penerimaan pengguna dalam menggunakan SIMRS. Selain itu, berdasarkan hasil uji validasi model penerimaan menunjukkan bahwa adanya perbedaan yang disesuiakan dengan karakteristik pengguna.

Sidang promosi Doktor Ilmu Komputer ini diketuai oleh Mirna Adriani, Ph.D. Dengan Dr. Achmad Nizar Hidayanto sebagai Promotor. Selain itu, sidang promosi juga turut mengundang penguji antara lain: Prof. Dr. Engkos Koswara Natakusumah, Prof. Dr. Aniati Murni Arymurthy, Dr. Eko K. Budiardjo, Dana Indra Sensuse, Ph.D., Yudho Giri Sucahyo, Ph.D., dan Dr. Indra Budi. Hasil disertasi dipresentasikan dengan baik sehingga mendapatkan yudisium Cumlaude. Sebagi lulusan ke-60 Fasilkom UI, gelar Doktor Ilmu Komputer diberikan kepada Dr. Putu Wuri Handayani.

We usually reply with 24 hours except for weekends. All emails are kept confidential and we do not spam in any ways.

Thank you for contacting us :)

Enter a Name

Enter a valid Email

Message cannot be empty