Promosi Doktor Ilmu Komputer – Dr. Laode Mohammad Rasdi Rere

Promosi Doktor Ilmu Komputer – Dr. Laode Mohammad Rasdi Rere

On Wednesday, January 11 th, 2017

Promdok-Laode 1020Fasilkom UI menyelenggarakan Sidang Promosi Doktor Ilmu Komputer kepada Sdr. Laode Mohammad Rasdi Rere pada Kamis, 5 Januari 2017. Sidang Promosi dilaksanakan di AULA Fasilkom UI dengan judul disertasi Strategi Metaheuristik Single Solution untuk Optimasi Deep Learning.

Dalam penelitiannya, peneliti mengusulkan pengembangan metode optimasi deep learning (DL) dimana pada pengembangan sebelumnya metode yang populer digunakan dalam DL yaitu convolutional neural network (CNN). Pada disertasi ini, selain CNN, metode DL yang digunakan yaitu deep belief network (DBN) dan stacked autoencoder (SAE). Penelitian dilakukan dengan 2 tahap yaitu eksperimen yang difokuskan pada metaheuristik desain coating optik dan penerapan algoritma metaheuristik pada DL. Hasil penelitian menunjukkan bahwa optimasi CNN, DBN, dan SAE dengan menggunakan pengembangan algoritma metaheuristik terutama SA (simulated annealing)  adalah sangat baik dibandingkan dengan mengunakan algoritma metaheuristik asli yang belum ditambahkan dengan metode pengembangan. Adapun algoritma metahiuristik yang digunakan dalam penelitian ini antara lain simulated annealing (SA), macrocanonical annealing (MA), dan  threshold accepting method (TA).

Sidang promosi Doktor Ilmu Komputer ini menghadirkan penguji antara lain Dr. Agus Buono, Bob Hardian, Ph.D., Prof. T. Basaruddin, Ph.D., Dr.Eng. Wisnu Jatmiko, dan Denny, Ph.D. Dengan diketuai oleh Mirna Adriani, Ph.D., serta Prof. Dr. Aniaty Murni Arymurthy selaku promotor dan Mohamad Ivan Fanany, Ph.D.  selaku ko promotor, sidang promosi berjalan dengan sangat baik. Hasil disertasi dipresentasikan dengan yudisium Sangat Memuaskan. Sebagai lulusan ke 59 Fasilkom UI, gelar Doktor Ilmu Komputer diberikan kepada Dr. Laode Mohammad Rasdi Rere.

We usually reply with 24 hours except for weekends. All emails are kept confidential and we do not spam in any ways.

Thank you for contacting us :)

Enter a Name

Enter a valid Email

Message cannot be empty