Promosi Doktor Ilmu Komputer – Dr. Kasiyah Junus

On Friday, June 02 nd, 2017

IMG_5303Rabu (3/5), Fasilkom UI menyelenggarakan sidang promosi Doktor Ilmu Komputer kepada Sdri. Kasiyah Junus. Dengan mengusung judul disertasi “Metode Pembekalan Community of Inquiry Dengan Cognitive Apprenticeship pada Forum Diskusi Online Asinkronus”, sidang promosi dilaksanakan di Gedung B Fasilkom UI Depok.

Berangkat dari kesadaran akan pentingnya kemampuan berpikir kritis dan menciptakan pengalaman belajar yang bermakna, maka peneliti mengusulkan sebuah metode pembelakan Model CoI (Community of Inquiry) dengan metode cognitive apprenticeship untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa saat menjalankan perannya dalam pembelajaran kolaboratif melalui forum diskusi online. Diskusi online yang kritis dan mendalam merupakan dinamika dan integrasi timbal balik antara kehadiran sosial, pengajaran, dan kognisi. Kehadiran kognisi yang mengimplementasikan keterampilan berfikir kritis terdiri atas aktivitas triggering event, eksplorasi integrasi, dan resolusi.

Dalam penelitiannya, peneliti melakukan pembekalan terintegrasi dengan suatu mata ajar yang diselenggarakan dengan blanded-learning.  Hasil responden dianalisis dengan parellel design mixed method untuk melihat pengaruh pembelakan terhadap kemampuan self-regulation dan co-regulation, strategi belajar, tingkat berpikir kritis, dan pola interaksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembekalan meningkat secara signifikan terhadap kemampuan metakognisi. Selain itu, dalam penelitian ini juga mengusulkan fitur integrasi dengan forum diskusi untuk mendukung pembentukan pengetahuan bersama, dengan menyusun rangkuman diskusi secara kolaboratif.

Hasil disertasi dipresentasikan dengan sangat baik. Sidang promosi diketuai oleh Mirna Adriani, Ph.D dan turut menghadirkan penguji antara lain Prof. Drs, T. Basaruddin, M.Sc., Ph.D., Prof. Dr. Ir. Kudang Boro Seminar, M.Sc., Prof. Dra. Belawati H. Widjaja, M.Sc., Ph.D., Drs. L.Y. Stefanus, M.Math.,Ph.D., Dr. Achmad Nizar Hidayanto, M.Kom., dan Harry Budi Santoso, M.Kom., Ph.D. Dalam sidang promosi tersebut Prof. Drs. Heru Suhartanto, M.Sc. Ph.D. bertindak sebagai promotor dan Prof. Sri Hartati Reksodiputro S, Ph.D. sebagai ko-promotor. Sebagai lulusan ke-66 program Doktor Fasilkom UI, gelar Doktor Ilmu Komputer diberikan kepada Dr. Kaisyah dengan yudisium Sangat Memuaskan.

We usually reply with 24 hours except for weekends. All emails are kept confidential and we do not spam in any ways.

Thank you for contacting us :)

Enter a Name

Enter a valid Email

Message cannot be empty