We are One Big Family

On Sunday, July 05 th, 2009

Mengutip sebuah catatan penting dari buku “Coffee at Luna”(by Chuck Martin) , ada 3 hal penting, baik bagi pemimpin maupun karyawan untuk menciptakan lingkungan kerja yang kondusif dan professional di lingkungan kerjanya, yaitu : Pertama, “Perhatikan lingkungan kerja kita!”. Berhenti sejenak, Amati dan Dengarkan untuk pahami situasi sebenarnya. Kedua, “Ubah!” Lakukan tindakan konkret untuk memperbaiki keadaan yang diamati. Ketiga, “Bagikan!” Sebarkan tindakan positif agar orang lain juga bertindak demi perbaikan.

Apabila kita pahami dan sadari, hal di atas sepertinya sederhana namun terkadang sulit untuk dilakukan bahkan di perusahaan besar sekalipun. Tapi dengan kemauan dan niat yang baik, setiap orang dapat belajar untuk menjadi pribadi yang mampu menjalankan ke-3 hal tersebut. Sehingga setiap orang dimanapun ia bekerja dan beraktivitas akan merasa nyaman, senang dan memiliki hasrat untuk terus berkarya.

Tepatnya 30 – 31 Mei 2009, Fasilkom Universitas Indonesia menyelenggarakan acara Family Gathering di Hotel Yasmin, Cipanas. Seluruh karyawan dan beberapa dosen turut serta dalam kegiatan ini. Sejalan seperti yang dikatakan dalam Buku Coffee at Luna bahwa “kita perlu berhenti sejenak”!. Inilah yang dilakukan oleh keluarga besar FASILKOM UI melalui kegiatan Family Gathering ini. Berhenti sejenak dari rutinitas untuk me-recharge (mengisi kembali) hati, pikiran dengan semangat dan motivasi yang baru.

Berbagai rangkaian acara dilaksanakan selama Family Gathering ini. Mulai dari kegiatan perlombaan yaitu lomba beregu tarik tambang, memindahkan karet dengan sumpit, lomba bakiak tandem sampai balap karung pun diadakan. Ini semua merupakan bentuk kebersamaan, kerjasama tim dan solidaritas sesama karyawan dan dosen. Bahkan tidak ketinggalan, anak-anak dari keluarga karyawan juga turut serta mengikuti berbagai perlombaan. Keceriaan dan canda tawa memenuhi kemeriahan perlombaan yang diadakan di lapangan Hotel Yasmin ini.

Di sore hari, setelah menjalani berbagai kegiatan perlombaan, setiap karyawan memasuki Ballroom Hotel Yasmin untuk mengikuti acara “Motivasi/ Pencerahan“ dengan pembicara Bpk. Purnawan. Beliau adalah pembicara yang sudah malang melintang di berbagai seminar Coaching and Mentoring Skill di Indonesia. Pak Purnawan membagi pengalaman dan pengetahuannya mengenai dunia kerja, khususnya mengenai topik “Resourceful”.

Menurut Pak Purnawan, era abad ini adalah era kolaborasi. Setiap orang tidak lagi bisa bermain dan menang sendiri. “Kolaborasi mencirikan tanggung jawab pada bidangnya dan tidak saling mengambil keuntungan sendiri“ kata Pak Purnawan. Kolaborasi meminta masing-masing orang, khususnya dalam dunia kerja, untuk memberi kontribusi positif agar tujuan bersama tercapai. Sebab pada akhirnya kolaborasi menuntut kecerdasan bertindak (resourceful) agar tujuan tercapai.

Beliau menambahkan, rumusnya“ Resourceful = Necessity + Creativity + Persistence”. Artinya, untuk menjadi resourceful, setiap orang harus fokus dan menyadari sepenuhnya bahwa tantangan harus diatasi. Kemudian terbukalah berbagai ide dan pilihan sehingga menghasilkan proses kreativitas untuk menyelesaikan tantangan. Sikap ketiga yang tak kalah penting adalah persistence, yaitu ketekunan untuk terus mengupayakan agar berhasil.

Sessi motivasi ini kemudian diakhiri dengan pemutaran film singkat “The Pursuit of Happiness”. Film yang diaktori Will Smith ini menggambarkan sikap resourceful seperti yang dijelaskan Pak Purnawan. Semakin lengkap maknanya dengan lantunan lagu “One Moment In Time” di penghujung sessi motivasi ini.

“There always one moment in time in our life…so make it shine!”

Kemeriahan acara Family Gathering belum berakhir, masih ada acara puncak yaitu Malam Inti Fam Gath di malam hari, mulai pukul 19.00 – 23.00 WIB. Acara Malam Inti di Ballroom Hotel Yasmin ini diawali makan malam bersama, yang kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari ibu Mirna Adriani (Wakil Dekan FASILKOM UI). Acara hiburan di malam inti Fam Gath ini berlangsung meriah, mulai dari suguhan lagu-lagu, dance bersama, pembagian door prize, grand prize, unjuk bakat per divisi dan yang sangat dinanti-nantikan yaitu penghargaan bagi karyawan teladan. Tiga karyawan yang terpilih sebagai karyawan teladan, adalah : Rita Prihandanari (staf administrasi), Ali Subchan (satpam), dan Acep Rohadi (janitor).

Seluruh peserta baik karyawan, keluarga karyawan dan dosen terlibat dalam kemeriahan dan juga kesederhanaan rangkaian acara malam inti ini. Di penghujung acara malam inti, seuntai kesan dan pesan pun disampaikan oleh Ketua Panitia Family Gathering yang juga Manager SDM Fasilkom, Fitri Sundari. Beliau menyampaikan ucapan terimakasih kepada seluruh panitia dan peserta yang telah bersama-sama menciptakan kemeriahan acara ini. Begitupula manajemen Fasilkom yang telah memberikan kesempatan agar terlaksananya Family Gathering tahun 2009 ini. “Semoga kebersamaan dan kekompakan yang terjalin dalam acara ini bisa terus dijalankan dan diimplementasikan dalam kehidupan pekerjaan sehari-hari”kata Fitri Sundari.

Keesokan harinya, minggu tanggal 31 Mei, panitia memberikan kebebasan bagi peserta untuk menikmati fasilitas Hotel Yasmin, baik fitness center, kolam renang, taman bermain untuk anak-anak dan banyak lagi. Tepat pukul 13.00 rombongan kembali menuju UI depok dan tentunya siap untuk kembali memulai rutinitas hari depan dengan semangat yang baru.

Sejalan seperti kutipan dari buku Coffee at Luna tadi. Setelah “berhenti sejenak, amati dan dengarkan”, sekarang waktunya bagi setiap orang untuk melakukan “perubahan” yaitu melakukan tindakan konkret demi kemajuan bersama. The last but not least, mari kita sebarkan dan bagikan tindakan-tindakan positif agar sekeliling kita juga bertindak demi perubahan dan perbaikan. (*PH)

Leave a Reply

We usually reply with 24 hours except for weekends. All emails are kept confidential and we do not spam in any ways.

Thank you for contacting us :)

Enter a Name

Enter a valid Email

Message cannot be empty