COMPFEST 2013

On Wednesday, September 25 th, 2013

COMPFEST 2013

Fakultas Ilmu Komputer (FASILKOM) Universitas Indonesia menyelenggarakan CompFest 2013 pada tanggal 21 dan 22 September 2013 di Balairung Universitas Indonesia-Depok. Compfest 2013 merupakan One Stop IT Event yang menggabungkan berbagai kegiatan edukatif mengenai perkembangan di dunia IT (Informasi dan Teknologi). Perhelatan Compfest 2013 bertajuk “Facing National Development Towards Innovation & Collaboration” (FANTASTIC) dengan tujuan untuk memacu dan meningkatkan kolaborasi antar akademisi, lembaga pemerintahan, perusahaan, start-up, developer dan komunitas dalam memberikan hasil inovasi terbaik untuk kemajuan IT Indonesia.

CompFest 2013 secara resmi dibuka pada hari Sabtu, 21 September 2013 pkl 10.00 WIB oleh Prof. T. Basaruddin, Ph.D (Dekan Fasilkom UI), Arman Nefi, S.H., M.M. (Pjs Direktur Kemahasiswaan UI), Lolly Amalia (Direktur Ekonomi Kreatif Berbasis Desain, Media dan IPTEK – Kementerian Pariwisata & Ekonomi Kreatif) serta Project Officer Compfest 2013, Fauzan Helmi Sudaryanto.

Rangkaian acara Compfest 2013 terdiri dari Seminar, Competition, Roadshow, Playground danEntertainment.

Seminar

Dalam 8 sessi seminar, CompFest menghadirkan para pembicara yang merupakan professional dalam bidangnya. Para pembicara membahas berbagai inovasi IT terkini, diantaranya mencakup topik:

  1. Encourage Innovation in Indonesia through Research” (oleh Wisnu Jatmiko), menjelaskan bahwa Indonesia memiliki banyak potensi yang dapat dimanfaatkan untuk menunjang kehidupan manusia. Potensi tersebut belum tergali dengan maksimal dikarenakan kurangnya kemauan untuk mengembangkan riset yang dilakukan oleh bangsa Indonesia sendiri.
  2. Innovation Speech & Natural Language Processing” (oleh Oskar Riandi), menjelaskan  peran Indonesia di bidang speech & natural language processing dan bagaimana membuat inovasi – inovasi yang dapat bersaing dengan negara maju lainnya sehingga mampu memberikan impact yang besar untuk kemajuan teknologi di Indonesia.
  3. Solving today’s Enterprise Problem with Big Data Management (Andri Rizki), menjelaskan seberapa pentingnya Big Data dalam membantu menyelesaikan permasalahan dalam dunia bisnis.
  4. “Innovate or Perish” (oleh Rene Suhardono Canoneo), berbagi tentang inovasi sebagai hal yang penting di saat ini terutama pada bidang IT. Karena sudah banyak fakta bahwa inovasi berhasil menyingkirkan beberapa kreasi yang sempat popular.
  5. Indonesian Animation Strategy Goes International” (oleh Bonnie Soeherman), memaparkan 3 kunci untuk persatuan dalam ekosistem bisnis yaitu Good Relationship antar bisnis kreatif di Indonesa, Knowledge Sharing antar sesama dan Vision Alignment untuk menyamakan visi demi kemajuan kreatif Indonesia.
  6. Advance Payment for Mobile & Community (oleh Izak Jenie), berbagi pengetahuan tentang pentingnya aspek keamanan pada e-payment dan meyakinkan bahwa ketakutan masyarakat mengenai aspek tersebut seharusnya tidak perlu ada.
  7. Gameconomics : Turning Game into Successful Business” (oleh Alfred Boediman & Dody Dharma), berbagi pengetahuan & insight tentang langkah – langkah yang harus dilakukan dalam “melahirkan” game dan bagaimana kemudian menjualnya ke pasaran.
  8. “Innovation of Perceptual Computing” (oleh Firstman Marpaung), menjelaskan perkembangan teknologi melalui sebuah kursor pc yang dapat kita gerakkan hanya dengan kedipan mata atau gerakan jari sederhana. Saat ini hal itu menjadi mungkin karena adanya teknologi Perceptual Computing.

Roadshow,  IT Playground dan Entertainment

COMPFEST 2013

Fakultas Ilmu Komputer (FASILKOM) Universitas Indonesia menyelenggarakan CompFest 2013 pada tanggal 21 dan 22 September 2013 di Balairung Universitas Indonesia-Depok. Compfest 2013 merupakan One Stop IT Event yang menggabungkan berbagai kegiatan edukatif mengenai perkembangan di dunia IT (Informasi dan Teknologi). Perhelatan Compfest 2013 bertajuk “Facing National Development Towards Innovation & Collaboration” (FANTASTIC) dengan tujuan untuk memacu dan meningkatkan kolaborasi antar akademisi, lembaga pemerintahan, perusahaan, start-up, developer dan komunitas dalam memberikan hasil inovasi terbaik untuk kemajuan IT Indonesia.

CompFest 2013 secara resmi dibuka pada hari Sabtu, 21 September 2013 pkl 10.00 WIB oleh Prof. T. Basaruddin, Ph.D (Dekan Fasilkom UI), Arman Nefi, S.H., M.M. (Pjs Direktur Kemahasiswaan UI), Lolly Amalia (Direktur Ekonomi Kreatif Berbasis Desain, Media dan IPTEK – Kementerian Pariwisata & Ekonomi Kreatif) serta Project Officer Compfest 2013, Fauzan Helmi Sudaryanto.

Rangkaian acara Compfest 2013 terdiri dari Seminar, Competition, Roadshow, Playground danEntertainment.

Seminar

Dalam 8 sessi seminar, CompFest menghadirkan para pembicara yang merupakan professional dalam bidangnya. Para pembicara membahas berbagai inovasi IT terkini, diantaranya mencakup topik:

  1. Encourage Innovation in Indonesia through Research” (oleh Wisnu Jatmiko), menjelaskan bahwa Indonesia memiliki banyak potensi yang dapat dimanfaatkan untuk menunjang kehidupan manusia. Potensi tersebut belum tergali dengan maksimal dikarenakan kurangnya kemauan untuk mengembangkan riset yang dilakukan oleh bangsa Indonesia sendiri.
  2. Innovation Speech & Natural Language Processing” (oleh Oskar Riandi), menjelaskan  peran Indonesia di bidang speech & natural language processing dan bagaimana membuat inovasi – inovasi yang dapat bersaing dengan negara maju lainnya sehingga mampu memberikan impact yang besar untuk kemajuan teknologi di Indonesia.
  3. Solving today’s Enterprise Problem with Big Data Management (Andri Rizki), menjelaskan seberapa pentingnya Big Data dalam membantu menyelesaikan permasalahan dalam dunia bisnis.
  4. “Innovate or Perish” (oleh Rene Suhardono Canoneo), berbagi tentang inovasi sebagai hal yang penting di saat ini terutama pada bidang IT. Karena sudah banyak fakta bahwa inovasi berhasil menyingkirkan beberapa kreasi yang sempat popular.
  5. Indonesian Animation Strategy Goes International” (oleh Bonnie Soeherman), memaparkan 3 kunci untuk persatuan dalam ekosistem bisnis yaitu Good Relationship antar bisnis kreatif di Indonesa, Knowledge Sharing antar sesama dan Vision Alignment untuk menyamakan visi demi kemajuan kreatif Indonesia.
  6. Advance Payment for Mobile & Community (oleh Izak Jenie), berbagi pengetahuan tentang pentingnya aspek keamanan pada e-payment dan meyakinkan bahwa ketakutan masyarakat mengenai aspek tersebut seharusnya tidak perlu ada.
  7. Gameconomics : Turning Game into Successful Business” (oleh Alfred Boediman & Dody Dharma), berbagi pengetahuan & insight tentang langkah – langkah yang harus dilakukan dalam “melahirkan” game dan bagaimana kemudian menjualnya ke pasaran.
  8. “Innovation of Perceptual Computing” (oleh Firstman Marpaung), menjelaskan perkembangan teknologi melalui sebuah kursor pc yang dapat kita gerakkan hanya dengan kedipan mata atau gerakan jari sederhana. Saat ini hal itu menjadi mungkin karena adanya teknologi Perceptual Computing.

Roadshow,  IT Playground dan Entertainment

 

Tim Compfest 2013 telah melakukan roadshow ke berbagai sekolah dan universitas dalam pre-event Compfest ini. Selain itu, rangkaian kompetisi juga telah diawali sejak Mei 2013 lalu dengan menyelenggarakan 5 kompetisi yakni Competitive Programming, Open Animation Competition, Robotics Competition, Mobile IT Solution dan Edugames Challenge. Pengumuman seluruh kompetisi dilakukan pada acara puncak Compfest 2013 tanggal 22 September 2013.

Sebagai bentuk apresiasi anak bangsa yang telah menghasilkan karya inovasi di bidang IT, Compfest 2013 juga menghadirkan “IT Playground” yang merupakan pameran dari berbagai start up, studio games, komunitas serta institusi pendidikan. Tidak hanya itu, suguhan Entertainment dari beberapa performanceturut memeriahkan acara Compfest 2013. Mulai dari Marching band dari siswa-siswa SMA, Ascipella, band-band Fasilkom UI, dan liga tari Fasilkom UI. Sebagai penutup sekaligus special guest Compfest 2013 menghadirkan performance dari Raisa.

Berikut adalah pemenang dari masing-masing kompetisi Compfest 2013:

Competitive Programming

Tingkat SMA

  • Juara 1: Stefano Chiesa dari SMAK 3 BPK Penabur Jakarta
  • Juara 2: Pusaka Kaleb S. dari SMAN 1 Depok
  • Juara 3: Muhammad Rais F. M. dari SMAN 1 Bogor

Tingkat Mahasiswa

  • Juara 1: Tim UMN-Alpha dari Universitas Multimedia Nusantara
  • Juara 2: Tim <3 dari Universitas Indonesia
  • Juara 3: Tim iSengaja dari Institut Teknologi Bandung

CompFest App Center

  • Most Valuable Team : Tim Bakorteam
  • Most Downloaded Android App : Tim Bakorteam
  • Most Downloaded Windows App : Tim Transys

Robotik

Tingkat SMP

  • Juara 1 : SHINA Team dari SMP La Tansa
  • Juara 2 : Tim LABIB dari SMP Muhammadiyah 8 Bandung
  • Juara 3: Tim RODA 4 dari SMP Daar El Qolam

Tingkat SMA

  • Juara 1 : Harits M.S dari SMAN 3 Bandung
  • Juara 2 : Tim Roda 1 dari SMA Daar El Qolam
  • Juara 3: Tim SBBS Bejztic dari SMA Sragen BBS

Mobile IT Solution

  • Mobile IT Solution Grand Award : Tim IDE Alpha dari Institut Teknologi Bandung
  • Best App for Health Category : Tim Smoony dari Institut Teknologi Bandung
  • Best App for ‘I Love My City’ Category : Tim Tomos dari Universitas Gadjah Mada
  • Best App for Transportation Category : Tim Transys dari Institut Teknologi Bandung
  • Best App for Environment Category : Tim BRAVO dari Universitas Indonesia
  • People’s Choice Award : Tim Tama Handika dari Universitas Bina Nusantara

Open Animation Competition

  • Juara 1: Tim Lupis
  • Juara 2: Tim Bakwan
  • Juara 3: Tim NiGo

Edu Games Challenge

  • Best Math & Science Education Game : Tim Corner of Developer dari SMA Mater Dei
  • Best General Knowledge App : Tim Raion Studio dari Universitas Brawijaya
  • Best Linguistic Education Game  : Tim 35FM Studio dari Institut Teknologi Bandung
  • Best Creativity Development Game : Tim MADFAL dari Institut Teknologi Bandung
  • Best Edugames Challenge Grand Award : Tim Mavillion dari Institut Teknologi Bandung
  • People’s Choice Award : Ganesha Team dari FD2 Universitas Indonesia

Leave a Reply

We usually reply with 24 hours except for weekends. All emails are kept confidential and we do not spam in any ways.

Thank you for contacting us :)

Enter a Name

Enter a valid Email

Message cannot be empty

X